Pages

Kunci keberhasilan dalam mengawinkan indukan cupang


Oleh wongbanyumas
Selama ini sering kita menemukan artikel tentang cara beternak ikan cupang. Banyak sekali tips yang diberikan oleh para breeder dalam memijahkan ikan cupang. Ikan cupang termasuk ikan yang bandel dan tahan banting.

Hal inilah yang menjadi penyebab utama para pecinta ikan hias menjatuhkan pilihan pada ikan mungil asli asia tenggara ini. Untuk perawatan ikan cupang termasuk jenis yang sangat mudah. Bahkan anak-anak sekalipun dapat merawat ikan ini. Salah satu kelebihan ikan ini adalah memiliki organ bernama labirin yang terletak pada insangnya. Dengan organ ini cupang memperoleh udara langsung dari permukaan air. Berbeda dengan ikan mas koki atau pun diskus yang membutuhkan proses aerasi dengan blower (pompa udara).

Meskipun tergolong ikan yang yang mudah untuk dipelihara hendaknya kita juga harus memberikan treatment terbaik untuk kelangenan kita. Sekali lagi saya membuat artikel ini sebagai upaya untuk membagikan pengalaman kepada para cupang mania. Saya banyak melihat bahwa selama ini para hobiis pemula tidak mengetahui bagaimana cara pemeliharaan ikan cupang yang baik. Sehingga yang selama ini terjadi adalah hanya asal memelihara dan yang penting ikan itu masih hidup. Meskipun benar namun hal tersebut sangat disayangkan. Sebab ikan juga membutuhkan perlakuan yang baik layaknya kita membutuhkan kasih sayang dari orang di sekeliling kita.
Banyak hobiis kini mencoba mengawinkan ikan kesayangan mereka untuk mendapatkan keturunan. Ketertarikan akan pemijahan dan proses pembesaran seringkali memicu para hobiis banting setir menjadi seorang breeder(peternak). Beternak ikan hias yang satu ini tergolong sangatlah mudah dan sudah saya berikan pemaparan pada artikel sebelumnya di blog ini. Namun seringkali para pemula melupakan beberapa hal remeh yang ternyata mempengaruhi kesuksesan dalam beternak ikan hias ini. Antara lain :


1. Kualitas indukan
Ikan cupang yang berkualitas adalah ikan yang dihasilkan oleh indukan yang berkualitas pula. Dalam proses pemilihan indukan seringkali para breeder pemula kurang memperhatikan hal ini. Biasanya para hobiis hanya melihat indukan cupang dari aspek fisiknya saja. Warna cemerlang yang indah selalu dijadikan patokan bahwa itu adalah indukan unggul. Padahal hal tersebut bukan hal yang mutlak dalam menentukan indukan yang akan dipijahkan.
Proses pemijahan cupang tidak dapat dipisahkan dari proses dalam pelajaran biologi yang pernah diajarkan dulu di bangku sekolah. Antara pejantan dan betina harus memiliki kualitas genetika yang baik. Kalau beberapa breeder senior bilang bahwa untuk memilih indukan yang baik hendaknya memperoleh indukan dari keturunan ke 4 (f4). Pada keturunan f4 sudah memiliki kestabilan dalam hal gen nya. Sehingga sudah dapat diturunkan ke anakannya. Jika cupang belum mencapai f4 cenderung untuk mengikuti sifat genetika dari indukan sebelumnya. Inilah yang mengakibatkan ikan yang kita kawinkan ternyata tidak mengahsilkan warna sesuai induknya.
Cara paling mudah untuk mendapatkan indukan yang baik adalah dengan memperolehnya dari breeder besar. Umumnya memang harga yang dibanderol cukup mahal untuk takaran ikan cupang. Namun hal tersebut sangat wajar sebab untuk memperoleh ikan tersebut seorang breeder harus melalui proses yang sangat panjang dan perkawinan selektif antar jenis. Harga mahal ini jadi jaminan bagi seorang breeder besar. Sebab nama besar mereka juga dipertaruhkan. Kesalahan terbesar adalah mengawinkan cupang dari indukan yang sama atau masih memiliki hubungan kekerabatan akibat perkawinan silang. Hal ini akan merusak ikan cupang yang akan dihasilkan. Sebaiknya mengawinkan ikan dari indukan yang berbeda.
Indukan yang baik juga adalah indukan yang cukup umur. Indukan yang cukup umur menandakan ikan tersebut telah matang secara kelamin. Bagi ikan betina sel telurnya telah mengalami kematangan dan bagi ikan pejantan telah mampu menghasilkan sperma. Berdasarkan pengalaman, saya mengamati bahwa jika ikan belum matang secara seksual maka angka keberhasilan hidupnya akan semakin kecil. Telur yang dibuahi tidak akan menjadi burayak akibat kurang matang.
2. Kualitas air
Air memiliki peranan penting bagi ikan. Sebab air adalah media tempat ikan hidup dan berkembang biak. Tanpa air ikan akan mengalami kematian. Maka kualitas air juga memiliki peranan penting dalam pembesaran cupang. Secara umum ikan cupang berasal dari daerah asia tenggara terutama daerah rawa-rawa. Cupang yang kita kenal saat ini merupakan hasil perkawinan yang sangat panjang. Cupang hidup pada perairan tropis yang hangat dan kaya akan mineral alami pada habitat aslinya.
Agar seekor cupang dapat hidup dan berkembang secara optimal harus memenuhi beberapa syarat. Syarat umum seperti Ph, salinitas, ataupun kandungan oksigen dalam air sangat penting dan harus diperhatikan. PH (pondus hidrogenity) dalam air yang mendukung bagi ikan cupang adalah skala 7 dari indeks 14 yang berarti skala normal. Semakin tinggi angka Ph air dikatakan sebagai air basa yang dikandung dalam sabun. Sedangkan Ph rendah dikatakan sebagai air asam seperti yang dikandung dalam air asam/sitrat. Untuk mencapai angka Ph 7 dapat menggunakan daun ketapang kering yang direndam dalam air. Hal inilah yang sering menjadi mitos dan salah kaprah dikalangn hobiis. Daun ketapang dianggap sebagai daun sakti yang dapat mengobati atau membuat ikan cupang semakin galak. Padahal daun ketapang adalah media penetral Ph air agar mencapai ukuran ideal bagi siklus hidup ikan cupang.
Salinitas atau kandungan garam dalam air perlu diperhatikan. Untuk mencapai kandungan garam ideal hendaknya ditambahkan satu senduk garam Kristal ke dalam aquarium soliter. Kandungan oksigen menentukan kualitas hidup ikan. Untuk air yang berasal dari PAM hendaknya dilakukan aerasi agar kandungan nitrat dan klorinnya dapat hilang bersama oksigen yang dihembuskan melalui aerator. Jika tidak dilakukan aerasi dikhawatirkan akan menjadi racun yang dapat membunuh ikan cupang kesayangan kita.
3. Pemberian pakan
Pakan yang tepat menentukan pertumbuhan ikan kita. Oleh karena itu kita harus memberikan makanan yang memiliki kandungn gizi yang tepat dan sesuai. Tidak harus banyak tetapi harus sesuai dengan fase pertumbuhan dan kebutuhan ikan kita. Ada beberapa pakan alami yang dapat kita berikan kepada ikan kita. Kita dapat menemukan makanan alami seperti cuk/jentik nyamuk, kutu air, cacing sutera, cacing darah, semut dan serangga kecil lainnya, ikan cere kecil, ataupun kecebong.
Semua pakan tersebut dapat kita berikan kepada kelangenan kita. Namun kita harus memperhatikan kebutuhan ikan kita. Bagi ikan yang akan memijah pakan yang paling penting adalah cuk. Cuk memiliki kandungan gizi yang amat tinggi dan baik bagi indukan maupun anakan cupang. Bagi indukan betina diberikan cuk yang banyak. Pematangan sel telur dapat dipercepat apabila betina mengkonsumsi protein yang banyak dikandung dalam cuk. Dala waktu satu bulan setengah indukan betina yang secara intensif diberi pakan cuk akan mengalami pematangan sel telur secara sempurna. Ditandai dengan perut yang membesar serta bintik kecil di bawah sirip dasi agak membesar. Pemberian pakan yang tepat secara tidak langsung mempengaruhi keberhasilan dalam melakukan perkawinan ikan cupang.
4. Waktu pemijahan
Selayaknya makhluk hidup ikan cupang juga mempunyai waktu tertentu untuk melakukan perkawinan. Waktu yang paling tepat adalah di waktu musim kemarau. Pada musim kemarau biasanya ikan cupang akan mengalami perubahan sikap menjadi genit dan suka membuat sarang busa (bublenest). Di alam bebas ikan cupang memang biasa memijah pada musim kemarau. Sebab pada musim kemarau pakan alami untuk burayak sangat berlimpah dan pada musim hujan pakan alami tersebut terbawa arus air.
Kasus yang sering terjadi adalah para hobiis mengawinkan secara asal tanpa memperhatikan waktu yang tepat. Jika waktunya tidak tepat maka ikan tidak akan mencapai birahinya dan perkawinan ikan tersebut seringkali mengalami kegagalan. Pada musim hujan biasanya ikan lebih banyak berdiam diri sehingga ketika dikawinkan ikan akan menjadi pasif.
Dari sejumlah hal yang telah saya paparkan di atas merupakan hasil pengamatan dan research penulis berdasarkan pengalaman selama memelihara ikan cupang. Kiranya tulisan ini bermanfaat bagi anda yang membutuhkan info tentang pemijahan ikan cupang.

188 komentar:

  1. terima kasih atas apresiasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahh bang 10 tahun sudah berlalu ya? wkwkwk

      Hapus
  2. Balasan
    1. Makasih Ya Han Atas Info Dan Apresiasi Nya Ya!!!!!



      Mantap

      Hapus
    2. KALO TELUR IKAN CUPANG ITU KAYA GMNA SIH MAS ? PLEASE MAS KASIH TAU DONG GAMBARNYA

      Hapus
    3. Di dalam buih ada yang ke kuning kuningan kesci

      Hapus
    4. Cek IG betta_marboniaga om. Penampakan telur ny jelas banget

      Hapus
    5. Telur ikan cupang seperti beras / nasi dia berwarna putih dan telah dibuahi oleh sperma pejantan 😊

      Hapus
    6. Makasih infonya,jd banyak tau nih,sekali lagi makasih.🙏

      Hapus
  3. penyakit apa saja yang sering terkena pada bibit ikan cupang?

    BalasHapus
  4. wah kyknya udah pro nih abang... mainnya apa nih? hias / aduan? klo aduan boleh lah kita test... gmn?

    BalasHapus
  5. harga indukan sekitar berapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jawabannya sanat relatif ini pertnyaannya. coba deh survey ke pasar ikan atau hobiis terdekat..

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
  6. ini sangat membantu saya, terima kasih buat penulisnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Red dragon dengan indukan super red jadi bagus ga bang anakan nya?

      Hapus
    2. Red dragon dengan indukan super red jadi bagus ga bang anakan nya?

      Hapus
    3. Red dragon dengan indukan super red jadi bagus ga bang anakan nya?

      Hapus
  7. gan, cuk itu apa? saya baru dengar

    BalasHapus
  8. Mantap....jdi nambah ilmu lgi ni....
    Klo bleh tau banyumas nya mana gan??
    Ane juga banyumas di purwokerto

    BalasHapus
  9. gan yg jual ikan cupang dibanyumas daerah mna?

    BalasHapus
  10. sudah di coba, malah ikan jantannya mati

    BalasHapus
  11. sudah dicoba, malah cupang jantannya mati setelah disatukan

    BalasHapus
    Balasan
    1. betin kya apaan om? ya diukur juga lh ceweannya jgn galak2

      Hapus
  12. gan, gimana nih ikan cupang ku mw ku kawinkan tapi udh 2 hari gelembungnya msh dikit" aja

    pliss jawab..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau induk betina sudah dikenalkan dengan induk jantan yang sudah terlebih dahulu ada di dalam tempat pemijahan, dan induk jantan kurang banyak membuat gelembung sarang, maka itu salah satu indikasi kalau induk jantan belum siap kawin (pasif)

      Hapus
  13. gaan, gimna nih ikan ku lgi dikawinkan tpi udh 2 hari gelembung nya masih dikit...

    pliss jawab...

    BalasHapus
    Balasan
    1. harusnya sabar dulu oom...
      coba deh baca tuisan saya yg lain yg bahas ngawinin cupang. jelas itu step by step saya jmbreng lengkap...

      Hapus
  14. Cuk itu semacam tombak buat perang jaman dulu,tancepin dimata loe,hahahahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. whhahaha jawabannya kocak bener ini :D

      Hapus
    2. wkwkwkwkwk....Just Kidding Gan:D

      Hapus
  15. gaan. gimana nih cara membedakan cupang halmoon jantan dengan betina ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. liat titik putih di perutnya. klo ada titik putih besar itu cewean.

      Hapus
  16. gan mau nanya nih,
    kemarin ane uda berhasil nih ngawinin cupang ane(selamat menenpuh hidup baru pang,hahaha....),telurnya pun uda banyak tu d dalam gelembung
    tapi setelah 2 hari telurnya hilang entah dimana,padahal si betinanya uda ane pisahin agar ga d makan tu telur
    mohon pencerahan gannn..........

    BalasHapus
    Balasan
    1. munkin dah jadi baby bos...coba di senter deh...memang sizex mini banget...hehehe

      Hapus
  17. kira kira brp harinya ikan cupang kawin.?



    BalasHapus
  18. oi gan kok anakan nya yg sudah netas di mkan si jantan juga ...

    saran nya dung ...

    BalasHapus
  19. Assalamu'alaikum gan
    gmna kalo ikan cupang d kawin silang??

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaikumsalam

      kawin silang sama apa?

      Hapus
    2. serit sma half-moon?
      trus gan kn jentik nyamuk tu kn ngmbilnya di selokan apa gpp buat kesehetan si cupang?

      Hapus
    3. Mau nanya dong bos saya newby yang baru coba ngawinin ikan cupang, setiap saya kawinin bertelur tapi gak netas bos, saya minta saran nya bos mana tau bos pernah ngalaman jni

      Hapus
  20. gan mau nanya nihhh..
    maksud nya anak dari induk sama itu kayak apa ?
    miss saya kawinkan indukan ikan cupang saya, trus ada anaknya,, trus klo saya kawinkan dengan saudaranya/ saudarinya apa itu gak baik ?
    ato gimana klo saya kawinkan antara anak ama induknya ?
    ato gimana klo saya kawinkan anak dari perkawinan betina yang sama namun dari jantan yang berbeda..
    apa hasil anakannya boleh di kawinkan dengan anakan dari hasil perkawinan betina ama jantan lain tersebut ?

    maaf kebanyakan yah perntanyaannya..
    tapi mohon di jawab yah gan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. yah begitu mas jd dikawinkan ke induknya (cross back) ga baik. klo ke sesama sodaranya masih bisa ditoleransi.

      Hapus
  21. peternak cupang di purwokerto dmne ya gan? atau di banyumaslah. ane pgn koleksi cupang. lumayan buat ngilangin setres kuliah. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. di deket ump setau saya ada farm lumayan gede
      klo mo deket kampus du sumampir ada mas herno

      Hapus
  22. ikan jantan aye kok takut ma betina nya yaa,,,?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ikut tanya,
      Kuping betina nya malah yang mekar

      Hapus
  23. bang.... ane mau nnya...
    brrti kalo musim bulan ini belom bisa buat kawin si ikan ya bang.....

    BalasHapus
  24. bang aku mau tanya....
    musim kya bulan ini cocok ngga bang buat pemijahan....?

    mohon sarannya bang.... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. cupang ga kenal musim kawin..
      asal cukup umur langsung hajar aja..

      Hapus
  25. kalo ngawinin lebih bagus di akuarium kecil atau di baskom . . ?? infonya dong gan makasih . . :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. pake apa aja jadi kok om..
      yg penting jantannya bisa bangun bubble nestnya..

      Hapus
  26. gan cupang saya udah kawin ni gan tapi kok perut betinanya ko bengkak ya gan mohon infonya yagan ....:)

    BalasHapus
  27. lor gimana kalo indukan langsung aku kawinin tanpa saling pandang selama satu hari? bisa gak kwain tp jantan belom buat buih karna langsung aku kawinin?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa aja tapi kemungkinannya jd lama dan ga asik. kasian pejantannya capek.

      Hapus
  28. Gan bagi info tentang perpaduan warna ikan dong. Misalnya kalo merah di kawinin sama hitam jadinya warnya apa?

    Thanks infonya gan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini bisa tanyakan ke breeder terdekat aja. sebeneernya kebanyakan breeder gak paham soal ini.

      pernah belajar genetic trait? jadi tiap individu punya sifat genetik berbeda misalnya dominan, resesif, atau co-dominan.

      Hapus
  29. ada yg mengalami/pengalaman,bagi ilmu'y dong. saya baru nernakin ini ikan dan beli indukan muda baru siap kawin (kayak'y satu keturunan)dan saya paksakan pemijahan (faktor pemula)pertengahan ramadhan kemaren, sekarang dah punya anakan dari burayak yg banyak yg hidup cuma 100-an ekor anakan(hasil segitu apa termasuk gagal ato memang jumlah segitu merupakan seleksi alam)sekarang umur'y dah 2 bulan tp kenapa anakan'y kok 95% betina, apa ada yg prlu di siapin sblm pemijahan biar banyak jantan'y, TY

    BalasHapus
    Balasan
    1. sex ratio dimainkan pk hormon..
      klo udah ky gini ganti indukan aja..

      btw SR sampe 100 anakan itu lumayan kok..

      Hapus
  30. Gi mana caranya untuk mengetahui umur ikan cupang ÿª♌g bisa di kawinkan? Tolong yah.

    BalasHapus
  31. Gi mana caranya untuk mengetahui umur ikan cupang ÿª♌g bisa di kawinkan? Tolong yah.

    BalasHapus
  32. gan, gmn klo perkawinan silang antara cupang slayer n' halmoon .?kira2 bs gx?

    Trz bwt pemijahan,klo diksih pakan nyamuk gmn? utk gizi'a sma ma cuk gx?

    BalasHapus
  33. gan gue mau nanyak,
    ikan gue kok gk mau bangun sarang yaa?
    bagi infonya donk ,biar ikan gue bangun sarang

    BalasHapus
  34. Gan ane mau nanya nih..
    Apa media air boleh menggunakan anti ich pada saat proses perkawinan??
    Kira" membahayakan buat si telur gak??

    BalasHapus
  35. Gan burayak umur dua hari mati nggak dikasih daun ketapang

    BalasHapus
  36. Bang, kalo cupang kawin waktunya menitan/detikan itungannya?

    BalasHapus
  37. Bang, kalo cupang kawin berapa lama waktunya?

    BalasHapus
  38. Bang, kalo cupang kawin waktunya menitan/detikan itungannya?

    BalasHapus
  39. jika anakan masih berumur 2-3minggu
    dan hampir semua dilingkungan saya banjir besar,
    apa pakan yang tepat dan mudah dicari untuk anakan tersebut bang ??
    TERIMAKASIH

    BalasHapus
  40. jika anakan masih berumur 2-3minggu
    dan hampir diseluruh lingkungan saya terkena banjir pasang
    apa pakan yang tepat dan yang mudah dicari untuk pakan anakan tersebut bang ??
    TERIMAKASIH

    BalasHapus
  41. gan burayak kalo media airnya dikasih obat biru mati ngga burayaknya ?

    BalasHapus
  42. gan saya punya kejadian menarik nih ..
    beberapa hari yg lalu saya mengawinkan ikan cupang halfmon ..
    ntah knp , pas saya satukan jantan dgn betina , besok ny ikan betina ny mati ...
    trus saya cobak lgi dgn betina lain , hal yg sama terjadi ..

    cara mengawinkan saya sudah sesuai prosedur di atas ..

    tetapi hal yg sama terjadi ..
    tetapi klo saya mengawinkan jenis Plakat , sudah 2x berhasil ...

    Knp yg jenis halfmoon lbih susah dari pada saudara ny plakt ..?

    mohon saran nya ...

    fast respon ya mas

    BalasHapus
  43. om ikan saya sudah kawin
    kan cupang jantan yg ngutipin telurnya tapi kok ikan jntn saya perut nya mala besar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emangny kamu ngasih makan ap,kalau di kasih cacing rambut y kemungkinan ikan ny akan buncit"

      Hapus
    2. Mas kira kira telur cupang nya di kluarin sama indukannya setelah menggesekan tubuh berapa hari ya..tolong jawab

      Hapus
  44. om ikan saya sudah kawin
    kan cupang jantan yg ngutipin telurnya tapi kok ikan jntn saya perut nya mala besar

    BalasHapus
  45. Om saya Cupang NYA di kasih BetaVit? GPP?

    BalasHapus
  46. Gan,,, ikan cupang itu kan nanti buat sarang gelembung, gelembungnya itu warnanya apa putih bening atau kuning-kuning gitu

    BalasHapus
  47. antomi ( sumbar )9 Maret 2014 pukul 13.21

    gan mau nanya nih....penting gan,,, ini saya udah 2 kali coba ngawinin ni ikan halfmoon...si jantan udah bkin busa...pas ane masukin betina,,bukannya kawin malah si betina dikejar2 ampe 2 hari gtu gan....apa gpp tu gan??
    Dan kalo siap kawin.....nunggu brapa lama lagi agar bisa untuk kawin ulang gan??
    mohon balas yya gaannn...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu gpp cape ikan cupang betina nya lemes baru deh di Kawinin sama pejantanya, oh iya kalo pas lagi di jodohin boleh di kasih makanan cacing engga sih?

      Hapus
  48. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  49. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  50. pak saya mau nanya kalok ikan fancy ngawinkannya biar dpt anakan yang oke tu cmana ya?

    BalasHapus
  51. Gan , kalo seandaikan lagi di jodohin boleh di kasih makan engga sih?? Plesee bantuan nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh banget doong
      klo ga dikasih makan ntar malah makin ganas gigitin buntut pasangan

      Hapus
  52. Ketika saya ngawinin cupang kok betina saya mati yapak? Maaf ini no hp saya 087839466628

    BalasHapus
  53. malam, saya bingung sama ikan cupang saya om, masa si betina nya bentuk badan nya mirip dengan pejantannya, tapi ada bintik putih di bagian perutnya

    tolong jawab yah om ,,, salam kenal Robbi Nurhidayah

    BalasHapus
  54. assalamualaikum,mas f4 itu yang gimana ya??

    BalasHapus
  55. assalamualaikum

    om kalo anak ikan cupang usia 1,5 minggu bisa gak kita pasang kan mesin oksigen di tempat anakan cupang tersebut?

    #mohon pencerahan
    salam dari aceh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaikumsalam

      lebih baik pakai airator kalau sudah keliatan berwujud ikan aja om.

      Hapus
    2. Assalamualaikum bang.. mo tanya saya baru beli anakan jantan cupang pk koi umurnya skitar 1 bulan... yang bikin saya heran saya kan beli jantan, tapi kenapa ada titik putih dibawah perutnya, setau saya klo ada titik putih dibawah perutnya itu betina, tapi menurut si penjual itu jantan, karna ikan tsb agresif dan kalo masih anakan biar betina maupun jantan,pasti ada titik putih nya di bawah perutnya...
      Mohon pencerahan nya bang
      Terima kasih
      Assalamualaikum

      Hapus
  56. Bang, kalo kalo ikan yg cwek udh psti ada bintik puth nya ya. Itu kra kira muncul bintik puth nya umur berapa bang?.

    BalasHapus
  57. Mas kok jantan aku lari y pas di satuin ma betinany

    Tolong d jawab y

    BalasHapus
  58. Gimana cara bedain telur ikan cupangnya sama busanya?

    BalasHapus
  59. Mau nanya . Kenapp cupang ane betina.a yg galak ketika di kawin kan

    BalasHapus
  60. Gimana jadinya kalo betinanya lbih tua dri pejantanya ?

    BalasHapus
  61. Untuk pemberian makan nyamuk yg sudah isi darahnya apa bagus itu bang...
    Mohon di perjelas ya infonya..
    Terima kasih

    BalasHapus
  62. Untuk pemberian makan nyamuk yg sudah isi darahnya apa bagus itu bang...
    Mohon di perjelas ya infonya..
    Terima kasih

    BalasHapus
  63. gan,klo anak ikan cupang nya udah berumur 5 hari diberi pakan apa

    mohon di bantu

    BalasHapus
  64. Gan mau tanya kalau ikan cupang halfmoon bisa kawin ngak dgn cupang plakat

    Mohon di balas gan

    BalasHapus
  65. Gan betina ane perutnya udah gede, tapi pas mau dicampurin kok malah mati ya?

    BalasHapus
  66. Gan betina ane kok mati ya pas mau dikawinin?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jantannya agresif atau betinanya ngelawan. betina blom siap kawin juga sering jd alasan jantan ngehajar terus ampe mati.

      Hapus
  67. Gan betina ane kok mati ya pas mau dikawinin?

    BalasHapus
  68. Sepasang indukan gian, harga berapa? Thanks

    BalasHapus
  69. Mas saya mau bertanya: saya sudah ikutkan tutorial di atas..tp knpa ya kok gelembung yg d kluarkan jantan cukup banyak..tapi knpa pas mau di kawinin sama betina lama bgt ngga kawin"..kira-kira butuh berapa lama ya mas?...trmksh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya kalau perkawinan berlangsung 2hari
      Kalau blm bertelur juga ganti betinanya...
      Belum jodoh tu mas

      Hapus
  70. Mas saya may bertanya: saya sudah ikutkan cara di atas dengan lengkap..tapi knapa yah jantan dan betina nya ngga mau kawin"..kira" butuh brp lama ya_..trus knapa jantan nya ngejar" betina mulu..sedangkan betina nya malah kabur...oh iya tempat gelembung si jantan pakai plastik bening gpp kan mas..silahkan jwb.

    BalasHapus
  71. Untuk saat ini pasar ikan cupang bagus ga?

    BalasHapus
  72. Bisa gak om si penang di kawinkan dgn indukan betina koi

    BalasHapus
  73. Mau nanya gan
    Apa efek samping ikan cupang jantan yang sudah kawin ?
    Mohon dibales gan

    BalasHapus
  74. Saya punya kendala, setiap perkawinan yg saya lakukan pada cupang kebanyakan cupang jantan melukai si betina bahkan sampai mati, bagaimana ya solusinya

    BalasHapus
  75. mas pertanyaan saya sama seperti mas derry...
    cupang betina udah gendut bnget,tp ko malah mati?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan kasih makan jentik yg uda jafi kepompong..
      Law di kasih ya pasti mati

      Hapus
  76. Betina jgn di masukkan langsung
    Biarkan perkenalan dulu dtempat yg berpisah tapi saling pandang
    Setelah jantan membuat gelembung barulah masukkan betina

    Cupang jantan menghajar betina sampai mati,itu karena gk cocok...gk jodoh

    BalasHapus
  77. Mari saling memberi informasi dan pengalaman agar semua lancar

    BalasHapus
  78. Bro mau tanya kalau betina koi plakat dikawinin kan sama halfmoon red... hasilnya akan tetap plakat atau halfmoon koi jadinya bro... mohon info ya bro tq

    BalasHapus
  79. Bro mau tanya kalau betina plakat koi di kawin kan dengan red halfmoon anaknya lebih dominan jadi plakat atau bisa jadi halfmoon koi

    Mohon info ya bro...

    Karena ingin hasilin halfmoon koi

    BalasHapus
  80. Bro mau tanya kalau betina plakat koi di kawin kan dengan red halfmoon anaknya lebih dominan jadi plakat atau bisa jadi halfmoon koi

    Mohon info ya bro...

    Karena ingin hasilin halfmoon koi

    BalasHapus
  81. Bro mau tanya donk... kalau mau kawin kan antara cupang betina koi dan halfmoon anak nya akan lebih dominan mana? Terus buntutnya ada yang ikut halfmoon gak ya bro... mohon imbuhan nya

    BalasHapus
  82. Bro mas,bisa kgk ngawinin slayer sama bagan?

    BalasHapus
  83. Gan apa bisa kawinin ikan cupang yg beda jenis?
    Misalnya cupang serit dengan cupang halfmoon

    BalasHapus
  84. Mohon masukan nya
    Kalo ngawinin ikan cupang, apakah harus selalu satu jenis om ?
    Misalnya serit harus dgn serit lagi, half moon sama half moon lagi, bagan sama bagan lagi ?
    Atau boleh beda, misalnya serit sama.half moon gth ?

    Kasih pencerahan dong

    BalasHapus
  85. Om kl mo beli indukan didaerah.depok atw jakarta dimana ya,..yg.baguus,..
    Makasih banyak yaa,..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dipaketin ajj dari sini. Mau yang jenis apa sini bagus" tapi ongkir tangung sendiri om. 085700239686

      Hapus
  86. Gan kalo giant dikawinkan dengan halfmoon apakah bisa ya gan?
    Mohon dibalas

    BalasHapus
  87. Mau tanya bro..mhon djwab scepat mgkin bgi yg mengetahui..dri ukuran tubuh ikan betina sya lbih besar dripada jantan,dan sdh mengambil step by step apa yg direkomendkan..tpi spertinya jantan tdak membuat buih/sarangny..jdi dcoba gabungkan jantan dan betina tetapi alhasil jantan slalu lari..sdh 2 jantan sya ganti jantan slalu lari..apa yg harus boleh dlakukan..bolehkah dpaksa sperti dfilm siti nurbaya..hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba kawinkan dengan jenis giant yang jantan ny

      Hapus
  88. Mohon pencerahanny para suhu yg sdh berjaya dlm breeding ikan lagany..sya ada betina yg sulit dkawinkan dgn jantan..smua step by step sdh dlakukan sblum dkawinkan,krna jantan masih jga blum mbuat buih/sarang maka sya letakkan jdi 1 tempat..alhasil jantan slalu kabur..sdh 2 jantan sya ganti tapi msih ttap sma..klo soal body betina mang agak besar dari jantan,dan jantan yg dbeli berusia skitar 5/6 bulan usiany..pha ada solusi yg dpt dbantu dri para suhu yg jaya dlam kembangkan ikan laga..sya gk mau ada kasus Siti Nurbaya lgi dlam ikan laga..dan apa boleh permokosaan dlam ikan laga,2 jantan dgn 1 betina..mohon pencerahanny dari para suhu ikan laga..terima kasih banyak sebelumny..

    BalasHapus
  89. Mohon pencerahanny para suhu yg sdh berjaya dlm breeding ikan lagany..sya ada betina yg sulit dkawinkan dgn jantan..smua step by step sdh dlakukan sblum dkawinkan,krna jantan masih jga blum mbuat buih/sarang maka sya letakkan jdi 1 tempat..alhasil jantan slalu kabur..sdh 2 jantan sya ganti tapi msih ttap sma..klo soal body betina mang agak besar dari jantan,dan jantan yg dbeli berusia skitar 5/6 bulan usiany..pha ada solusi yg dpt dbantu dri para suhu yg jaya dlam kembangkan ikan laga..sya gk mau ada kasus Siti Nurbaya lgi dlam ikan laga..dan apa boleh permokosaan dlam ikan laga,2 jantan dgn 1 betina..mohon pencerahanny dari para suhu ikan laga..terima kasih banyak sebelumny..

    BalasHapus
  90. kl buat pakan burayak usia 3 hari lebih bisa dikasih microworm, bisa beli di http://jualmicroworm.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  91. Mau tanya dong gan, saya coba ternak ikan cupang, udh 3 hari masa pengenalan, setelah itu dipijahkan tapi sampai 2 hari ini belum kawin juga ikannya kenapa ya

    BalasHapus
  92. Ikutan share pengalaman gan, kalau saya pas mijahin ikan cupang ada cupang cadanganya baik jantan maupaun betina. Jadi jika pertama tidak saling mencintai saya ganti dengan cadangan.....he he he, cupang juga tidak bisa dipaksa untuk kawin layaknya siti nur baya gan. makasih

    BalasHapus
  93. Klo serit dengan giant bisa di kawinkan ga ya? Tujuan ny si buat nyari serit bertubuh giant.😆

    BalasHapus
  94. kalo nernak cacing sutra gmana caranya gan

    BalasHapus
  95. Bos kalau perkawinany beda warna ap beda jenisny gmn bisa ap ngak

    BalasHapus
  96. Wah..rame juga..ikut nyimak kak..bermanfaat sekali..

    BalasHapus
  97. Dimana beli cupang untuk indukan yang online dan tepercaya. .trimakasih sebelumnya.

    BalasHapus
  98. gan cupang betina saya ketika didekatkan dengan cupang jantan. cupang betinanya langsung gelisah stress gitu. dia kek berusaha lari ditempat toplesnya. pdhal baru saya dekatkan toples cupang betina dan jantan (belum saya gabung). kemudian ketika di dekatkan badan cupang betina tampak garis2 dan ada bnyk putih2(telur) yang menandakan ia siap kawin. tapi kok saya hawatir ya kok dia stress gitu klo didekatkan dengan jantan. mohon info nya gan saya takut cupang betina saya mati karna stress ketika ingin dikawinkan

    BalasHapus
  99. Maaf numpang tanya
    Yg jantan ko gk mau mungutin telurnya itu kenapa ya ?
    Sama satu lg
    Kenapa ko anak cupanya yg dah lahir dimakan langsung sama yg jantan ya saya kira di pungutin ternyata beneran di makan
    Padahal saya gk telat ngasih makan ?
    Mohon pencerahannya gan

    BalasHapus
  100. CROWNQQ I AGEN BANDARQ I BANDARQ ONLINE I ADUQ ONLINE I DOMINOQQ TERBAIK

    Yuk Buruan ikutan bermain di website crownqq

    Sekarang CROWNQQ Memiliki Game terbaru Dan Ternama loh...

    8 permainan :
    => Poker
    => Bandar Poker
    => Domino99
    => BandarQ
    => AduQ
    => Sakong
    => Capsa Susun
    => Bandar 66 (NEW GAME)

    => Bonus Refferal 20%
    => Bonus Turn Over 0,5%
    => Minimal Depo 20.000
    => Minimal WD 20.000
    => 100% Member Asli
    => Pelayanan DP & WD 24 jam
    => Livechat Kami 24 Jam Online
    => Bisa Dimainkan Di Hp Android
    => Di Layani Dengan 5 Bank Terbaik
    => 1 User ID 8 Permainan Menarik

    Ayo gabung sekarang juga hanya dengan
    mengklick daftar crownqq

    Link Resmi CrownQQ:
    ratuajaib,com
    ratuajaib,net
    ratuajaib,org

    BACA JUGA BLOGSPORT KAMI:
    BLOG ARTIKEL
    CROWNWIN
    CERITA DEWASA

    Info Lebih lanjut Kunjungi :
    WHATSAPP : +855882357563
    LINE : CS CROWNQQ
    TELEGRAM : +855882357563
    FACEBOOK

    INFO CROWNQQ

    BalasHapus
  101. bagus sekali ya min artikel ini , saya sangat terbantu oleh artikel yang bagus ini dan menambah wawasan saya , saya berharap anda bisa terus berkarya untuk anak banga , dan pastinya saya mendoakan yang terbaik untuk anda sukses selalu dan sehat selalu
    bandarq terpercaya
    agen domino teraman dan terpercaya
    jika ada salah saya dalam pengetikan saye meminta maaf,salam hormat terdalam saya, terima kasih

    BalasHapus
  102. bagus sekali ya min artikel ini , saya sangat terbantu oleh artikel yang bagus ini dan menambah wawasan saya , saya berharap anda bisa terus berkarya untuk anak banga , dan pastinya saya mendoakan yang terbaik untuk anda sukses selalu dan sehat selalu
    bandarq terpercaya
    agen domino teraman dan terpercaya
    jika ada salah saya dalam pengetikan saye meminta maaf,salam hormat terdalam saya, terima kasih

    BalasHapus
  103. Masih Sering kalah main Poker Online?Ingin gampang menang? Masih Bingung Cari BO Poker Yang Aman & Terpercaya ??

    Di sinilah tempatnya MEJAONLINE, Dengan Server IDN Yang Ternama Situs Taruhan Judi poker Paling Rekomendasi Banget Niih !!!

    - BONUS PERDANA NEW MEMBER :
    DEPO 50RB MENDAPATKAN 10RB
    DEPO 100RB MENDAPATKAN 20RB
    DEPO 250RB MENDAPATKAN 30RB
    DEPO 500RB MENDAPATKAN 40RB
    DEPO 1JUTA MENDAPATKAN 50RB

    - BONUS TURNOVER 0.4% SETIAP HARI SENIN
    - BONUS REFFERAL 20 % DI BAGIKAN SETIAP HARI KAMIS

    - LINK DAFTAR : https://bit.ly/31eLqIv


    INFO LEBIH LANJUT :

    WhatsApp : +855968973093
    LINK : www.mejaonline01. com
    LINK : www.mehaonline02. com


    Poker Online Tercepat
    Poker Online Terbaik
    Ceme Online
    Domino QQ
    Poker Online Indonesia

    BalasHapus
  104. What work you need to go around? Airline flight crews, military, picture or print journalist, nature photographer.
    The individuals who do the many travel in the business I worked well for are supplier management people - particularly auditors.
    With globalization, a whole lot of supplied parts,
    components and subassemblies result from much flung places all over the world....
    show more Air travel crews, military, photo or printing journalist,
    nature photographer. The people that do the the majority of travel in the company I
    proved helpful for are supplier administration people
    - particularly auditors. With globalization, a lot of supplied
    parts, components and subassemblies come from considerably
    flung places all over the world. One particular I used to work with traveled to Germany, China, France, Mexico, the US,
    Korea, the Czech Republic and other places all over the world frequently.
    You should be aware that traveling for a job is not exactly like travel on a holiday; it's rather a great chance and
    rewarding. It can also be a whole lot of wear and tear - you really have to have the right personality to be on the road a lot and you
    don't necessarily get a chance to invest any moment sightseeing.
    Other options might consist of oceanography, anthropology or archaeology however they don't necessarily obtain you in the field.

    BalasHapus
  105. Mau nnya bg pas itu gua belik ikan female blue rim kok UD sebulan blom gede² telurny bg umurnya ini UD 5 bln bg

    BalasHapus
  106. Mau nnya bg pas itu gua belik ikan female blue rim kok UD sebulan blom gede² telurny bg umurnya ini UD 5 bln bg

    BalasHapus
  107. SUDAH BEKERJA KERAS TETAPI PENGHASILAN MASIH BELUM CUKUP ?
    ANDA BUTUH PENGHASILAN TAMBAHAN ?
    KAMI HADIRKAN SEBUAH SITUS ONLINE GAMES TERPERCAYA ITUCASINO

    Pelayanan yang Ramah, Cepat dan Online 24 Jam Non STOP

    ==> MINIMAL DEPOSIT 25rb DAN WITHDRAWAL 50rb <==

    ==> Bonus Sportsbook Menarik <==
    Promo Bonus Komisi Sportsbook 0.25-1%a

    ==> 100% LIVE BACCARAT, ROULETTE, DRAGON TIGER, SICBO, BLACKJACK <==

    ==> Komisi Rollingan Tertinggi Yang Pernah Ada <==
    BACCARAT 1%
    ROULETTE 1%
    SICBO 1%
    DRAGON/TIGER 1%
    BLACKJACK 1%

    ==> KENYAMANAN TRANSAKSI <==
    Transaksi dapat dilakukan melalui :
    Bank BCA, BNI, BRI, CIMB, DANAMON & PERMATA
    Transaksi dapat dilakukan 24 Jam, sesuai jam Online Bank yang bersangkutan

    TERSEDIA DEPOSIT VIA PULSA ( XL & TELKOMSEL )

    TERSEDIA DEPOSIT VIA OVO & GOPAY

    Untuk Info pendaftaran, silakan hubungi kami di :
    * Whats App: +855 1733 7630
    * Live Chat : ituCasino
    * Line ID: ituCasinoWeChat ID: ituCasino57

    BalasHapus
  108. thanks infonya bang,, saya udah 3 hari ngawinin ikannya cupang saya, tapi belum ada telornya juga..

    BalasHapus
  109. Cheat Judi Online bisa memberikan keuntungan dengan cepat dan tentunya bisa membuat anda mendaptakan uang dengan mudah,jika anda berminat maka anda bisa mengunjungi blog dibawah ini.

    Aplikasi Hack Judi Online

    kunjungi juga blog dibawah ini


    Perlu Menang
    informasi Judi Online
    Prediksi Togel
    Pusat Game Online

    BalasHapus
  110. sebelum mengawinkan ada baiknya dijodohkan terlebih dahulu, caranya disini : cara menjodohkan ikan cupang

    BalasHapus
  111. Sangat bermanfaat, cara budidaya ikan cupang selengkapnya ada disini : budidaya ikan cupang

    Informasi selengkapnya tentang ikan cupang ada di sini : cupang sehat

    BalasHapus
  112. Bang gimana ya caranya atau tips agar breeding sukses pada musim penghujan????? .
    Pleas bang jawab soalnya ini indukan ikan cupang saya udah siap breeding takutnya betina buang telor

    BalasHapus
  113. Bang gimana ya olusinya atau caranya biar kita bisa sukses breeding ikan cupang di musim penghujan gini?????
    Dan solusi nya untuk burayak nya bang agar tetap bisa hidup di musim penghujan ????????

    BalasHapus
  114. Mau nanya bang, gen keturunan ikut si betina apa jantan bang?

    BalasHapus
  115. Mantap, artikel ditulis 2010.sekarang 2 november 2020. 👍👍👍

    BalasHapus
  116. boleh kah mengawinkan ikan cupang beda jenis, contoh giant dengan HM, Giant dengan plakat

    BalasHapus
  117. Gan mau nanya punya blue rim betina dikawinkan ama jantan BBL gimana gan tlong pencerahan

    BalasHapus
  118. mau nanya dong bang, ane pemula ,
    salam kenal bang.
    saat mau mengawinkan cupang apa tetap dikasih makan ?,
    mohon petunjuk bang, mksih

    BalasHapus
  119. mau nanya bang, saya mohar, dari jakut,
    saya baru turun kecupang,
    apakah saat mau mengawinkan cupang, tetap dikasih makan ?

    BalasHapus
  120. mau nanya bang, saya mohar, dari jakut,
    saya baru turun kecupang,
    apakah saat mau mengawinkan cupang, tetap dikasih makan ?

    BalasHapus
  121. Ayo Pasang Taruhanmu Sekarang di ItuBolaAgen Judi Bola & Casino Online Terpercaya dan Terbaik di Indonesia.
    Minimal Deposit Rp. 25.000,- Dan untuk minimal Withdraw Rp. 50.000,-
    Proses Deposit & Withdraw Yang Tercepat.

    => Bonus Cashback 5% (dibagikan setiap Hari Senin)
    => Customer Service 24 Jam Nonsto
    => Support Deposit Via Aplikasi OVO,PULSA,GOPAY
    => Proses Withdraw 3-5 Menit

    LINE : @itubola757
    WHATSAPP : +85517696120

    Link Alternatif
    ituBola Online

    Agen Taruhan Judi Teraman, Situs Taruhan Judi Teraman, Agen Judi Bola, Agen Judi Bola Online, Agen, Bola Online, Agen Sportsbook

    BalasHapus
  122. Indukan super red dengan pejantan red dragon jadinya anakan nya ok ga bang....

    BalasHapus

Ayo ungkapkan pendapat kamu...