Pages

Mbah surip sang penghibur

Oleh wongbanyumas

“tak gendong kemana-mana…” penggalan syair lagu ini mungkin sudah sangat familiar bagi anda para pembaca. Lagu yang dipopulerkan oleh mbah surip ini meledakkan pasar music Indonesia. Namun ledakkan yang ditimbulkan tidak merusak seperti bom marriot dan ritz carlton. Lagu dan lirik yang begitu sederhana itu ternyata mampu menggugah pendengar untuk mendengar alunan gitar khas reggae. Bahkan dari hasil ringback tone (RBT) lagu tak gendong meraup hamper semuluh milyar rupiah. Angka yang fantastis bagi musisi Indonesia dapat diraih oleh mbah surip. Tak banyak musisi negeri ini yang dapat menembus angka fantastis tersebut.

Karya mbah surip dikenal sebagai karya yang easy listening alias gampang dicerna kuping. Syair lagunya sangatlah sederhana dan jenaka. Kadang bagi orang yang mendengarkannya akan tertawa karena liriknya yang begitu lugu. Itu semua karena mbah surip menciptakan lagunya dari hati dan sebagai ungkapan ekspresi mbah surip terhadap realitas hidup. Lagu yang jujur dan apa adanya tanpa kepalsuan suara dari sang penyanyi. Kadang kita tertipu dengan suara artis yang sangat keren tetapi itu merupakan hasil dari mixer suara belaka.

Larisnya lagu mbah surip merupakan sebuah bukti bahwa masyarakat kita adalah masyarakat sakit. Masyarakat yang haus akan sebuah hiburan yang apa adanya tanpa kepalsuan. Sakit akibat depresi dan tekanan hidup yang begitu berat akibat krisis ekonomi. Konsumen music butuh hiburan yang apa adanya dan jujur didengar. Bukan sebuah lagu yang rumit dengan alunan distorsi gitar yang membuat gendang telinga bergetar hebat. Kejujuran lirik tak gendong menjadi obat mujarab bagi masyarakat sakit. Seolah mereka mendengarkan dongeng dari mbah surip.

Kini mbah surip telah tiada. Meninggalkan sebuah kenangan manis. Kenangan akan ungkapan “I love u full” yang khas mbah surip. Sang entertainer itu telah pergi meninggalkan dunia yang fana. Meninggalkan kejujuran dan kepolosan hati. Selamat jalan mbah surip. Lagumu telah mengobati jiwa-jiwa yang sakit dan haus akan hiburan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo ungkapkan pendapat kamu...