Pages

Hidup Sehat Tanpa Makanan Cepat Saji

Oleh Wongbanyumas
Di era modern yang serba praktis seperti saat ini menuntut kita untuk bergerak cepat. Tak hanya dalam hal pekerjaan bahkan soal makanan pun seolah dituntut serba cepat dan praktis. Berbagai makanan resto cepat saji kini menjamur di seluruh dunia, bahkan seluruh kota di indonesia.

Gerai-gerai makanan yang rata-rata asal amerika tersebut menawarkan sesuatu yang berbeda jika dibandingkan dengan warung makan indonesia. Kecepatan dan kepraktisan, ya itulah yang menjadi tuntutan manusia modern yang sibuk.

Selain praktis dan cepat makanan cepat saji (fast food) juga menawarkan rasa yang enak dan harga yang murah di kantong kita. Namun kita patut waspada terhadap makanan cepat saji. Dibalik segala kelebihan yang dibawanya makanan cepat saji juga memiliki resiko tersembunyi.

Mengapa makanan cepat saji berbahaya? Patut kita ketahui makanan tersebut menjadi cepat saji lantaran menggunakan bahan dasar yang murah dan juga cepat saji. Contohnya adalah daging yang tinggi kandungan lemak, mentega, garam berlebih, pemanis tambahan, penyedap rasa (yang tinggi kandungan sodium), atau bahkan pengawet makanan. Bahkan belakangan ini banyak terungkap bahwa resto makanan cepat saji banyak yang tidak memenuhi standar kebersihan.

Misalnya saja kita ambil contoh lemak. Dalam sepotong ayam goreng yang kita makan akan banyak sekali kita temui kandungan lemak. Kita lihat saja kebanyakan ayam yang digunakan dalam sajian makanan tersebut merupakan ayam ‘instan’ yang pertumbuhannya lebih cepat dari ayam pada umumnya. Ayam-ayam tersebut diberipakan tinggi kalori dan protein untuk mempercepat pertumbuhan. Belum lagi pemberian suntikan hormon agar dagingnya semakin banyak

Sebelum digoreng dalam minyak, ayam dibaluri tepung dengan aneka bumbu tambahan. Tentunya hal ini semakin menambah resiko gangguan kesehatan bagi siapa saja yang memakana makanan cepat saji. Efek yang muncul sebenarnya tidak dalam jangka yang waktu cepat. Bahan berbahaya yang kita konsumsi tersebut tidak langsung berdampak bagi tubuh. Semua bahan tersebut akan mengendap dalam tubuh kita. Dan tentunya ini akan menjadi sumber penyakit dan ancaman kesehatan kita di masa yang akan datang.

Lemak yang mengendap dalam tubuh kita akan merangsang hati untuk memproduksi kolesterol dalam jumlah di luar ambang batas yang dibutuhkan oleh tubuh. Kolesterol tersebut akan menyebar di tubuh melalui pembuluh darah. Kolesterol dapat menyumbat setiap pembuluh darah kita yang pada akhirnya akan mengakibatkan penyakit jantung ataupun penyakit lain akibat aliran darah yang tidak lancar.

Makanan cepat saji selalu menawarkan rasa yang sangat enak. Makanan tersebut meninggalkan sensasi nikmat di lidah. Hal ini sangat wajar karena memang inilah yang menjadi nilai jual makanan tersebut. Makanan disajikan dengan rasa yang sangat gurih di mulut kita. Ya hal ini lantaran banyaknya kandungan tambahan seperti garam dan penyedap yang kaya akan sodium. Pada dasarnya kita juga membutuhkan sodium. Hanya saja tubuh kita tidak memerlukan secara berlebihan. Jika tubuh kita mengkonsumsi sodium dalam jumlah banyak maka akan mengakibatkan peningkatan tekanan darah yang berujung pada penyakit berbahaya seperti jantung ataupun stroke.

Makanan cepat saji tidak akan berbahaya jika anda jarang mengkonsumsinya. Usahakan dalam jangka waktu sebulan anda cukup sekali saja mengkonsumsinya. Bahkan kalau terpaksa anada mengkonsumsinya sampai dengan sekali dalam satu pekan anda harus mengkonversinya dengan memakan makanan yang mengandung serat dan vitamin. Buah dan sayuran segar dapat menjadi alternatif jika ada banyak mengkonsumsi makanan cepat saji. Kandungan antioksidan akan menawarkan setiap racun yang telah kita masukkan ke dalam tubuh melalui makanan cepat saji tersebut.

Setiap kandungan berbahaya yang kita konsumsi akan didepositkan ke dalam tubuh kita. Deposit racun ini laksana bom waktu yang bisa meledak kapan saja. Tentunya kita semua ingin hidup sehat dan berumur panjang bukan. Oleh karena itu rubahlah pola pikir anda tentang makanan cepat saji. Pikirkan kesehatan anda di masa mendatang. Lakukan yang yang terbaik bagi diri anda dan mulailah dari sekarang juga. Dan jangan lupa untuk berolah raga agar tubuh anda semakin sehat dan bugar.

2 komentar:

  1. kenapa sekarang bermunculan makanan dan minuman cepat saji kalo hanya buat penyakit saja,pemerintah mohon selektif untuk memberi ijin perusahaan kalo yg tdk memenuhi standar kesehatan jngn di ijinkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus sekali tangapannya. Pemereintah dalam hal ini BPOM selaku regulator juga patut dipertanyakan kinerjanya dong?

      Hapus

Ayo ungkapkan pendapat kamu...