Pages

Review Zenfone 2



Oleh Wongbanyumas
Kali ini saya akan memberikan review mengenai gadget paling ditunggu di tahun 2015 ini. Sebelumnya asus telah mengumumkan pada tahun 2014 di ajang CES akan mengeluarkan handset flagship pengganti Zenfone yakni Zenfone 2. Sebelumnya saya menggunakan Zenfone 6 inci dengan spesifikasi RAM 2GB dan memori internal 16GB. Kali ini pilihan saya jatuh pada Zenfone 2 dengan RAM 4GB dan memori internal 32GB. Di pasaran beredar spek yang lebih tinggi lagi yakni dengan ram 64GB, namun perbedaan hanya di RAM saja. Untuk kekuatan prosesor dan lainnya sama dan selisih harganya cukup tinggi.

Spesifikasi
Asus Zenfone 2 mempunyai spek yang cukup mumpuni dengan harga jauh di bawah handphone flagship keluaran pabrikan besar lainnya. Berikut ini spesifikasi Zenfone 2 yang saya miliki:

Intel® Atom™ Quad Core Processor Z3580 (2.3 GHz)
Android™ 5.0 Lollipop
5.5" Full HD (1920x1080), IPS with Capacitive Multi touch panel
4GB Memory
32GB / 64GB Storage + Free 5GB ASUS WebStorage for Lifetime
3G, 4G, Bluetooth 4.0, Wi-Fi, 802.11 b/g/n
Front 5 Mega-Pixel, Fix Focus, Wide View, PixelMaster
Rear 13 Mega-Pixel, Auto Focus, PixelMaster
MicroSD card support up to 64GB
Dimension  7.2 x 152.5 x 3.9 ~ 10.9 mm | 170gr
Design
Zenfone 2 menampilkan design baru yang seragam. Kalau di seri Zenfone pertama terdapat perbedaan design dan ukuran layar. Antara Zenfone 4, 5, dan 6 berbeda. Sekarang semua serinya dibekali design yang sama. Zenfone mempunyai design yang sangat elegan menurut saya. pada seri ini zenfone 2 berusaha menampilkan design simpel dengan menghilangkan aneka tombol samping. Tombol power di tempatkan di bagian sisi atas. Sedangkan untuk tombol volume ditempatkan di bawah kamera.
Zenfone 2 memiliki ketebalan di sisinya 3,9mm. Tentunya ini sangat tipis. Maka wajar Asus berusaha memindahkan tombol volume dan power yang pada seri sebelumnya diletakkan di samping. Saya sempat tertipu melihat cover belakang zenfone 2. Awalnya saya menyangkan itu terbuat dari alumunium. Rupanya setelah saya buka dan sentil dengar jari terdengar suara plastik. Saya salut untuk kerja Asus ini.
Walaupun asus memiliki ketebalan sisi yang cukup tipis bukan berarti sama dibagian tengahnya. Kasat mata terlihat kalau zenfone dua ini menggembung di bagian belakangnya. Tujuannya ya untuk memberikan ruang bagi jeroan smartphone seperti baterai, kamera, laray, sim card, dll. Zenfone 2 juga dibekali flashlight ganda untuk penerangan maksimal. Flash ini juga bisa jadi senter loh.
Kamera
Zenfone 2 dibekali kamera belakang 13MP dan teknologi pixel master. Gambar yang dihasilkan lebih baik dari seri zenfone 6 milik saya. gambar lebih tajam dan terdapat beberapa mode tambahan dalam kameranya.
Performa dan Grafis
Zenfone 2  dipersenjatai dengan prosesor Super Quad-Core Intel® Atom Z3580 64-bit up to 2.3GHz, dan dilengkapi dengan RAM 4GB Dual-Channel DDR3. Dengan spesifikasi seperti ini Zenfone 2 lebih cepat 3x performanya dari zenfone seri pertama. Saya mencoba bermain Asphalt 8 lancar jaya.

2 komentar:

Ayo ungkapkan pendapat kamu...