Pages

Kunci keberhasilan dalam mengawinkan indukan cupang


Oleh wongbanyumas
Selama ini sering kita menemukan artikel tentang cara beternak ikan cupang. Banyak sekali tips yang diberikan oleh para breeder dalam memijahkan ikan cupang. Ikan cupang termasuk ikan yang bandel dan tahan banting.

Hal inilah yang menjadi penyebab utama para pecinta ikan hias menjatuhkan pilihan pada ikan mungil asli asia tenggara ini. Untuk perawatan ikan cupang termasuk jenis yang sangat mudah. Bahkan anak-anak sekalipun dapat merawat ikan ini. Salah satu kelebihan ikan ini adalah memiliki organ bernama labirin yang terletak pada insangnya. Dengan organ ini cupang memperoleh udara langsung dari permukaan air. Berbeda dengan ikan mas koki atau pun diskus yang membutuhkan proses aerasi dengan blower (pompa udara).

Meskipun tergolong ikan yang yang mudah untuk dipelihara hendaknya kita juga harus memberikan treatment terbaik untuk kelangenan kita. Sekali lagi saya membuat artikel ini sebagai upaya untuk membagikan pengalaman kepada para cupang mania. Saya banyak melihat bahwa selama ini para hobiis pemula tidak mengetahui bagaimana cara pemeliharaan ikan cupang yang baik. Sehingga yang selama ini terjadi adalah hanya asal memelihara dan yang penting ikan itu masih hidup. Meskipun benar namun hal tersebut sangat disayangkan. Sebab ikan juga membutuhkan perlakuan yang baik layaknya kita membutuhkan kasih sayang dari orang di sekeliling kita.
Banyak hobiis kini mencoba mengawinkan ikan kesayangan mereka untuk mendapatkan keturunan. Ketertarikan akan pemijahan dan proses pembesaran seringkali memicu para hobiis banting setir menjadi seorang breeder(peternak). Beternak ikan hias yang satu ini tergolong sangatlah mudah dan sudah saya berikan pemaparan pada artikel sebelumnya di blog ini. Namun seringkali para pemula melupakan beberapa hal remeh yang ternyata mempengaruhi kesuksesan dalam beternak ikan hias ini. Antara lain :


1. Kualitas indukan
Ikan cupang yang berkualitas adalah ikan yang dihasilkan oleh indukan yang berkualitas pula. Dalam proses pemilihan indukan seringkali para breeder pemula kurang memperhatikan hal ini. Biasanya para hobiis hanya melihat indukan cupang dari aspek fisiknya saja. Warna cemerlang yang indah selalu dijadikan patokan bahwa itu adalah indukan unggul. Padahal hal tersebut bukan hal yang mutlak dalam menentukan indukan yang akan dipijahkan.
Proses pemijahan cupang tidak dapat dipisahkan dari proses dalam pelajaran biologi yang pernah diajarkan dulu di bangku sekolah. Antara pejantan dan betina harus memiliki kualitas genetika yang baik. Kalau beberapa breeder senior bilang bahwa untuk memilih indukan yang baik hendaknya memperoleh indukan dari keturunan ke 4 (f4). Pada keturunan f4 sudah memiliki kestabilan dalam hal gen nya. Sehingga sudah dapat diturunkan ke anakannya. Jika cupang belum mencapai f4 cenderung untuk mengikuti sifat genetika dari indukan sebelumnya. Inilah yang mengakibatkan ikan yang kita kawinkan ternyata tidak mengahsilkan warna sesuai induknya.
Cara paling mudah untuk mendapatkan indukan yang baik adalah dengan memperolehnya dari breeder besar. Umumnya memang harga yang dibanderol cukup mahal untuk takaran ikan cupang. Namun hal tersebut sangat wajar sebab untuk memperoleh ikan tersebut seorang breeder harus melalui proses yang sangat panjang dan perkawinan selektif antar jenis. Harga mahal ini jadi jaminan bagi seorang breeder besar. Sebab nama besar mereka juga dipertaruhkan. Kesalahan terbesar adalah mengawinkan cupang dari indukan yang sama atau masih memiliki hubungan kekerabatan akibat perkawinan silang. Hal ini akan merusak ikan cupang yang akan dihasilkan. Sebaiknya mengawinkan ikan dari indukan yang berbeda.
Indukan yang baik juga adalah indukan yang cukup umur. Indukan yang cukup umur menandakan ikan tersebut telah matang secara kelamin. Bagi ikan betina sel telurnya telah mengalami kematangan dan bagi ikan pejantan telah mampu menghasilkan sperma. Berdasarkan pengalaman, saya mengamati bahwa jika ikan belum matang secara seksual maka angka keberhasilan hidupnya akan semakin kecil. Telur yang dibuahi tidak akan menjadi burayak akibat kurang matang.
2. Kualitas air
Air memiliki peranan penting bagi ikan. Sebab air adalah media tempat ikan hidup dan berkembang biak. Tanpa air ikan akan mengalami kematian. Maka kualitas air juga memiliki peranan penting dalam pembesaran cupang. Secara umum ikan cupang berasal dari daerah asia tenggara terutama daerah rawa-rawa. Cupang yang kita kenal saat ini merupakan hasil perkawinan yang sangat panjang. Cupang hidup pada perairan tropis yang hangat dan kaya akan mineral alami pada habitat aslinya.
Agar seekor cupang dapat hidup dan berkembang secara optimal harus memenuhi beberapa syarat. Syarat umum seperti Ph, salinitas, ataupun kandungan oksigen dalam air sangat penting dan harus diperhatikan. PH (pondus hidrogenity) dalam air yang mendukung bagi ikan cupang adalah skala 7 dari indeks 14 yang berarti skala normal. Semakin tinggi angka Ph air dikatakan sebagai air basa yang dikandung dalam sabun. Sedangkan Ph rendah dikatakan sebagai air asam seperti yang dikandung dalam air asam/sitrat. Untuk mencapai angka Ph 7 dapat menggunakan daun ketapang kering yang direndam dalam air. Hal inilah yang sering menjadi mitos dan salah kaprah dikalangn hobiis. Daun ketapang dianggap sebagai daun sakti yang dapat mengobati atau membuat ikan cupang semakin galak. Padahal daun ketapang adalah media penetral Ph air agar mencapai ukuran ideal bagi siklus hidup ikan cupang.
Salinitas atau kandungan garam dalam air perlu diperhatikan. Untuk mencapai kandungan garam ideal hendaknya ditambahkan satu senduk garam Kristal ke dalam aquarium soliter. Kandungan oksigen menentukan kualitas hidup ikan. Untuk air yang berasal dari PAM hendaknya dilakukan aerasi agar kandungan nitrat dan klorinnya dapat hilang bersama oksigen yang dihembuskan melalui aerator. Jika tidak dilakukan aerasi dikhawatirkan akan menjadi racun yang dapat membunuh ikan cupang kesayangan kita.
3. Pemberian pakan
Pakan yang tepat menentukan pertumbuhan ikan kita. Oleh karena itu kita harus memberikan makanan yang memiliki kandungn gizi yang tepat dan sesuai. Tidak harus banyak tetapi harus sesuai dengan fase pertumbuhan dan kebutuhan ikan kita. Ada beberapa pakan alami yang dapat kita berikan kepada ikan kita. Kita dapat menemukan makanan alami seperti cuk/jentik nyamuk, kutu air, cacing sutera, cacing darah, semut dan serangga kecil lainnya, ikan cere kecil, ataupun kecebong.
Semua pakan tersebut dapat kita berikan kepada kelangenan kita. Namun kita harus memperhatikan kebutuhan ikan kita. Bagi ikan yang akan memijah pakan yang paling penting adalah cuk. Cuk memiliki kandungan gizi yang amat tinggi dan baik bagi indukan maupun anakan cupang. Bagi indukan betina diberikan cuk yang banyak. Pematangan sel telur dapat dipercepat apabila betina mengkonsumsi protein yang banyak dikandung dalam cuk. Dala waktu satu bulan setengah indukan betina yang secara intensif diberi pakan cuk akan mengalami pematangan sel telur secara sempurna. Ditandai dengan perut yang membesar serta bintik kecil di bawah sirip dasi agak membesar. Pemberian pakan yang tepat secara tidak langsung mempengaruhi keberhasilan dalam melakukan perkawinan ikan cupang.
4. Waktu pemijahan
Selayaknya makhluk hidup ikan cupang juga mempunyai waktu tertentu untuk melakukan perkawinan. Waktu yang paling tepat adalah di waktu musim kemarau. Pada musim kemarau biasanya ikan cupang akan mengalami perubahan sikap menjadi genit dan suka membuat sarang busa (bublenest). Di alam bebas ikan cupang memang biasa memijah pada musim kemarau. Sebab pada musim kemarau pakan alami untuk burayak sangat berlimpah dan pada musim hujan pakan alami tersebut terbawa arus air.
Kasus yang sering terjadi adalah para hobiis mengawinkan secara asal tanpa memperhatikan waktu yang tepat. Jika waktunya tidak tepat maka ikan tidak akan mencapai birahinya dan perkawinan ikan tersebut seringkali mengalami kegagalan. Pada musim hujan biasanya ikan lebih banyak berdiam diri sehingga ketika dikawinkan ikan akan menjadi pasif.
Dari sejumlah hal yang telah saya paparkan di atas merupakan hasil pengamatan dan research penulis berdasarkan pengalaman selama memelihara ikan cupang. Kiranya tulisan ini bermanfaat bagi anda yang membutuhkan info tentang pemijahan ikan cupang.

85 komentar:

  1. nice inpo gan

    BalasHapus
  2. terima kasih atas apresiasinya

    BalasHapus
  3. wahh keren tutor nya juragan..??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Ya Han Atas Info Dan Apresiasi Nya Ya!!!!!



      Mantap

      Hapus
    2. KALO TELUR IKAN CUPANG ITU KAYA GMNA SIH MAS ? PLEASE MAS KASIH TAU DONG GAMBARNYA

      Hapus
  4. penyakit apa saja yang sering terkena pada bibit ikan cupang?

    BalasHapus
  5. wah kyknya udah pro nih abang... mainnya apa nih? hias / aduan? klo aduan boleh lah kita test... gmn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya pemula yang selalu ingin belajar kok om

      Hapus
  6. harga indukan sekitar berapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jawabannya sanat relatif ini pertnyaannya. coba deh survey ke pasar ikan atau hobiis terdekat..

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
  7. ini sangat membantu saya, terima kasih buat penulisnya

    BalasHapus
  8. gan, cuk itu apa? saya baru dengar

    BalasHapus
  9. Mantap....jdi nambah ilmu lgi ni....
    Klo bleh tau banyumas nya mana gan??
    Ane juga banyumas di purwokerto

    BalasHapus
  10. gan yg jual ikan cupang dibanyumas daerah mna?

    BalasHapus
  11. sudah di coba, malah ikan jantannya mati

    BalasHapus
  12. sudah dicoba, malah cupang jantannya mati setelah disatukan

    BalasHapus
    Balasan
    1. betin kya apaan om? ya diukur juga lh ceweannya jgn galak2

      Hapus
  13. gan, gimana nih ikan cupang ku mw ku kawinkan tapi udh 2 hari gelembungnya msh dikit" aja

    pliss jawab..

    BalasHapus
  14. gaan, gimna nih ikan ku lgi dikawinkan tpi udh 2 hari gelembung nya masih dikit...

    pliss jawab...

    BalasHapus
    Balasan
    1. harusnya sabar dulu oom...
      coba deh baca tuisan saya yg lain yg bahas ngawinin cupang. jelas itu step by step saya jmbreng lengkap...

      Hapus
  15. Cuk itu semacam tombak buat perang jaman dulu,tancepin dimata loe,hahahahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. whhahaha jawabannya kocak bener ini :D

      Hapus
    2. wkwkwkwkwk....Just Kidding Gan:D

      Hapus
  16. gaan. gimana nih cara membedakan cupang halmoon jantan dengan betina ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. liat titik putih di perutnya. klo ada titik putih besar itu cewean.

      Hapus
  17. gan mau nanya nih,
    kemarin ane uda berhasil nih ngawinin cupang ane(selamat menenpuh hidup baru pang,hahaha....),telurnya pun uda banyak tu d dalam gelembung
    tapi setelah 2 hari telurnya hilang entah dimana,padahal si betinanya uda ane pisahin agar ga d makan tu telur
    mohon pencerahan gannn..........

    BalasHapus
    Balasan
    1. munkin dah jadi baby bos...coba di senter deh...memang sizex mini banget...hehehe

      Hapus
  18. kira kira brp harinya ikan cupang kawin.?



    BalasHapus
  19. oi gan kok anakan nya yg sudah netas di mkan si jantan juga ...

    saran nya dung ...

    BalasHapus
  20. Assalamu'alaikum gan
    gmna kalo ikan cupang d kawin silang??

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaikumsalam

      kawin silang sama apa?

      Hapus
    2. serit sma half-moon?
      trus gan kn jentik nyamuk tu kn ngmbilnya di selokan apa gpp buat kesehetan si cupang?

      Hapus
  21. gan mau nanya nihhh..
    maksud nya anak dari induk sama itu kayak apa ?
    miss saya kawinkan indukan ikan cupang saya, trus ada anaknya,, trus klo saya kawinkan dengan saudaranya/ saudarinya apa itu gak baik ?
    ato gimana klo saya kawinkan antara anak ama induknya ?
    ato gimana klo saya kawinkan anak dari perkawinan betina yang sama namun dari jantan yang berbeda..
    apa hasil anakannya boleh di kawinkan dengan anakan dari hasil perkawinan betina ama jantan lain tersebut ?

    maaf kebanyakan yah perntanyaannya..
    tapi mohon di jawab yah gan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. yah begitu mas jd dikawinkan ke induknya (cross back) ga baik. klo ke sesama sodaranya masih bisa ditoleransi.

      Hapus
  22. peternak cupang di purwokerto dmne ya gan? atau di banyumaslah. ane pgn koleksi cupang. lumayan buat ngilangin setres kuliah. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. di deket ump setau saya ada farm lumayan gede
      klo mo deket kampus du sumampir ada mas herno

      Hapus
  23. ikan jantan aye kok takut ma betina nya yaa,,,?

    BalasHapus
  24. bang.... ane mau nnya...
    brrti kalo musim bulan ini belom bisa buat kawin si ikan ya bang.....

    BalasHapus
  25. bang aku mau tanya....
    musim kya bulan ini cocok ngga bang buat pemijahan....?

    mohon sarannya bang.... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. cupang ga kenal musim kawin..
      asal cukup umur langsung hajar aja..

      Hapus
  26. kalo ngawinin lebih bagus di akuarium kecil atau di baskom . . ?? infonya dong gan makasih . . :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. pake apa aja jadi kok om..
      yg penting jantannya bisa bangun bubble nestnya..

      Hapus
  27. gan cupang saya udah kawin ni gan tapi kok perut betinanya ko bengkak ya gan mohon infonya yagan ....:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. harusnya bengkak dulu baru dikawinin..

      Hapus
  28. lor gimana kalo indukan langsung aku kawinin tanpa saling pandang selama satu hari? bisa gak kwain tp jantan belom buat buih karna langsung aku kawinin?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa aja tapi kemungkinannya jd lama dan ga asik. kasian pejantannya capek.

      Hapus
  29. Gan bagi info tentang perpaduan warna ikan dong. Misalnya kalo merah di kawinin sama hitam jadinya warnya apa?

    Thanks infonya gan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini bisa tanyakan ke breeder terdekat aja. sebeneernya kebanyakan breeder gak paham soal ini.

      pernah belajar genetic trait? jadi tiap individu punya sifat genetik berbeda misalnya dominan, resesif, atau co-dominan.

      Hapus
  30. ada yg mengalami/pengalaman,bagi ilmu'y dong. saya baru nernakin ini ikan dan beli indukan muda baru siap kawin (kayak'y satu keturunan)dan saya paksakan pemijahan (faktor pemula)pertengahan ramadhan kemaren, sekarang dah punya anakan dari burayak yg banyak yg hidup cuma 100-an ekor anakan(hasil segitu apa termasuk gagal ato memang jumlah segitu merupakan seleksi alam)sekarang umur'y dah 2 bulan tp kenapa anakan'y kok 95% betina, apa ada yg prlu di siapin sblm pemijahan biar banyak jantan'y, TY

    BalasHapus
    Balasan
    1. sex ratio dimainkan pk hormon..
      klo udah ky gini ganti indukan aja..

      btw SR sampe 100 anakan itu lumayan kok..

      Hapus
  31. Gi mana caranya untuk mengetahui umur ikan cupang ÿª♌g bisa di kawinkan? Tolong yah.

    BalasHapus
  32. Gi mana caranya untuk mengetahui umur ikan cupang ÿª♌g bisa di kawinkan? Tolong yah.

    BalasHapus
  33. gan, gmn klo perkawinan silang antara cupang slayer n' halmoon .?kira2 bs gx?

    Trz bwt pemijahan,klo diksih pakan nyamuk gmn? utk gizi'a sma ma cuk gx?

    BalasHapus
  34. gan gue mau nanyak,
    ikan gue kok gk mau bangun sarang yaa?
    bagi infonya donk ,biar ikan gue bangun sarang

    BalasHapus
  35. Gan ane mau nanya nih..
    Apa media air boleh menggunakan anti ich pada saat proses perkawinan??
    Kira" membahayakan buat si telur gak??

    BalasHapus
  36. Gan burayak umur dua hari mati nggak dikasih daun ketapang

    BalasHapus
  37. Bang, kalo cupang kawin waktunya menitan/detikan itungannya?

    BalasHapus
  38. Bang, kalo cupang kawin berapa lama waktunya?

    BalasHapus
  39. Bang, kalo cupang kawin waktunya menitan/detikan itungannya?

    BalasHapus
  40. jika anakan masih berumur 2-3minggu
    dan hampir semua dilingkungan saya banjir besar,
    apa pakan yang tepat dan mudah dicari untuk anakan tersebut bang ??
    TERIMAKASIH

    BalasHapus
  41. jika anakan masih berumur 2-3minggu
    dan hampir diseluruh lingkungan saya terkena banjir pasang
    apa pakan yang tepat dan yang mudah dicari untuk pakan anakan tersebut bang ??
    TERIMAKASIH

    BalasHapus
  42. gan burayak kalo media airnya dikasih obat biru mati ngga burayaknya ?

    BalasHapus
  43. gan saya punya kejadian menarik nih ..
    beberapa hari yg lalu saya mengawinkan ikan cupang halfmon ..
    ntah knp , pas saya satukan jantan dgn betina , besok ny ikan betina ny mati ...
    trus saya cobak lgi dgn betina lain , hal yg sama terjadi ..

    cara mengawinkan saya sudah sesuai prosedur di atas ..

    tetapi hal yg sama terjadi ..
    tetapi klo saya mengawinkan jenis Plakat , sudah 2x berhasil ...

    Knp yg jenis halfmoon lbih susah dari pada saudara ny plakt ..?

    mohon saran nya ...

    fast respon ya mas

    BalasHapus
  44. om ikan saya sudah kawin
    kan cupang jantan yg ngutipin telurnya tapi kok ikan jntn saya perut nya mala besar

    BalasHapus
  45. om ikan saya sudah kawin
    kan cupang jantan yg ngutipin telurnya tapi kok ikan jntn saya perut nya mala besar

    BalasHapus
  46. Om saya Cupang NYA di kasih BetaVit? GPP?

    BalasHapus
  47. Gan,,, ikan cupang itu kan nanti buat sarang gelembung, gelembungnya itu warnanya apa putih bening atau kuning-kuning gitu

    BalasHapus
  48. antomi ( sumbar )9 Maret 2014 13.21

    gan mau nanya nih....penting gan,,, ini saya udah 2 kali coba ngawinin ni ikan halfmoon...si jantan udah bkin busa...pas ane masukin betina,,bukannya kawin malah si betina dikejar2 ampe 2 hari gtu gan....apa gpp tu gan??
    Dan kalo siap kawin.....nunggu brapa lama lagi agar bisa untuk kawin ulang gan??
    mohon balas yya gaannn...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu gpp cape ikan cupang betina nya lemes baru deh di Kawinin sama pejantanya, oh iya kalo pas lagi di jodohin boleh di kasih makanan cacing engga sih?

      Hapus
  49. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  50. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  51. pak saya mau nanya kalok ikan fancy ngawinkannya biar dpt anakan yang oke tu cmana ya?

    BalasHapus
  52. Gan , kalo seandaikan lagi di jodohin boleh di kasih makan engga sih?? Plesee bantuan nya

    BalasHapus
  53. Ketika saya ngawinin cupang kok betina saya mati yapak? Maaf ini no hp saya 087839466628

    BalasHapus

Ayo ungkapkan pendapat kamu...