Pages

STANDAR PLAKAT (Panduan Kontes Cupang Standar IBC) Part 3

Plakat merupakan Cupang tertua dan didapat dari binatang yang diternakan untuk diadu. Plakat Kontes tidak jauh berbeda dengan aslinya. Semua plakat memiliki ekor pendek agar dapat berenang dengan cepat. Khususnya untuk sirip anal dan dorsal harus tidak melebihi lebar badan dan sirip caudal harus tidak lebih dari 1/3 dari panjang badannya. Dibanding dengan Cupang kontes lainnya, bentuk dari badan plakat lebih besar dan bobotnya terlihat besar. Plakat diharapkan terlihat lebih agresive dibanding dengan Cupang kontes lainnya, untuk mendapatkan bentuk pit bulldog, dan secara terus menerus waspada.
 
Kelas plakat ditentukan berbeda pada bentuk badan dan siripnya begitu pula dengan warnannya, yang digambarkan secara lengkap dibawah ini. 2 Bentuk plakat yaitu tradisional plakat dan Kontes plakat. Keduanya dapat masuk pada kelas komersial atau pemula. Disini dinilai tidak hanya membandingkan keduanya, tetapi dengan derajat sesuai dengan kelasnya.Plakat tradisional dapat memiliki banyak warna. Kelas plakat kontes dikenal dalam 4 warna. Ini dapat berubah setiap tahunnya tetapi saat menulis ini, kelas dari warna-warna tersebut adalah Solid Light atau Dark bodied iridescent, solid light atau dark bodied non-iridescent, solit metallic dark bodied, dan AOC. Paatterned, bicolor, marble dan light bodied metallic (yaitu metallic yellow atau metallic opaque) akan lebih tepat dimasukan pada AOC.

Menilai criteria warna dilakukan pada kesepakatan dengan typing system yang dijelaskan pada Chapter 6 dan berhubungan dengan spesial standard pada Chapter 7. Sebagai tambahan untuk warna ini pada penambahan warna – wild type – juga tersedia pada plakat dan ikan dengan warna ini dapat terlihat pada kelas tradisional atau Kontes plakat. Badan dari wild type adalah coklat gelap, dengan beberapa baris warna iridescent kebanyakan pada bagian atas dari badan, ujung sisik hitam. Kepala bagian atas gelap, sedikit terang pada bagian bawahnya, dengan sedikit warna iridescent atau tidak sama sekali. Mata gelap dengan tanda iridescent. Dorsal berwarna iridescent hijau-emas, dengan raynya hitam dan garis hitam tak beraturan. Caudal memiliki warna sedikit hitam pada ujung dan berwarna red dan green iridecence yang tidak memiliki pattern. Sirip anal memiliki warna yang similar, tetapi bagian ujung belakang dari sirip berwarna merah. Sirip petoral tidak memiliki warna atau hitam diujungnyua dan sirip ventral berwarna merah, black atau iridescence dengan ujungnya berwarna putih. Batasan dari standard ini digunakan untuk single tail plakat jantan. Untuk double tail plakat jantan harus menggunakan bentuk variasinya; betina double tail plakat harus mengikuti kelas warna double tail pada umumnya.

KRITERIA UNTUK BENTUK
Plakat Tradisional
Plakat tradisional terlihat besar, badan terlihat berat ikan yang agresif dengan siripnya berbeda/Terpisah.
  • Dorsal – Sirip dorsal bisa berbentuk bulat atau bisa juga pada ujung belakangnya lancip.
  • Anal – Sirip anal memiliki bentuk trapezium dengan ujung bagian depannya (anterior) lebih pendek dari ujung bagian belakangnya (posterior). Ujung Posteriornya harus lancip. Saat ngedok ujung belakangnya dari sirip anal harus overlap dengan bagian bawah dari sirip caudal.
  • Caudal – Sirip Caudal bisa berbentuk Spade atau bulat. Kalau berbentuk Spade bagian lancipnya harus tepat ditengah-tengah sirip. Bukaan Caudal 1800 lebih disukai, tetapi berbeda dengan yang diinginkan untuk Cupang Kontes lainnya dan untuk kelas Plakat lainnya. Pertama-tama sudut dari sirip anal diharapkan berbentuk bulat dari pada memiliki bentuk D. Kedua bukaan caudal 1800 tidak diperoleh dengan banyaknya ray pada sirip Caudal. Lalu bukaan caudal pada plakat tradisional diperoleh dengan meningkatnya voilume dari selaput antara ray dari pada banyaknya ray pada sirip.
  • Sirip Ventral – Sirip ventral bisa saja besar atau kecil, tetapi diharapkan terlihat lebih panjang dari Cupang Kontes lainnya, 2/3 panjang dari panjang tubuh (yag diukur dari awal sirip ventral hingga ke caudal peduncle) atau lebih.
  • Sirip Pectoral- Sama dengan Cupang Kontes lainnya.

 
Bentuk dari Plakat Tradisional dan kesalahan pada Sirip
  1. Bada terlalu besar dan berbobot (Sligth Fault)
  2. Sirip Dorsal sempit (Minor Fault)
  3. Sirip Ventral lebih pendek dari 2/3 panjang badan (Minor Fault)
  4. Bukaan Caudal > 1650 , tetapi < 1800 (Minor Fault)
  5. Pencabangan pada Caudal lebih besar dari 20 (Minor Fault)
  6. Sirip Anal bulat – tidak lancip (Major Fault)
  7. Sirip Caudal lebih kecil dari 1650 (Major Fault)
  8. Sirip Ventral ½ panjang badan atau kurang (Major Fault)
  9. Badan sangat kurus hampir serupa dengan spesies Cupang lainnya.
Plakat Kontes
Plakat ini sudah banyak diternakan belakangan ini, kombinasi antara tradisional plakat dan cupang kontes. Seperti plakat tradisional, bentuknya tidak simetris. Standard plakat kontes sama dengan tradisional plakat dengan 2 pengecualian penting berikut ini:
 
Dorsal: Sirip Dorsal harusnya semi lingkaran dan lebih disukai bukaannya seperti kipas. Kapasitas dari sirip untuk membuka pada kontes ini sering diperoleh tidak dengan besarnya volume, akan tetapi dengan banyaknya cabang ray pada sirip.

Caudal: Tidak seperti Plakat tradisional, Sirip caudal sama dengan standar cupang kontes, kecuali tidak lebih panjang dari 1/3 badannya. Ujungnya lurus, memiliki cabang 4 dan dengan bukaan sempurna 1800 dengan bentuk ekor semi lingkaran lebih disukai.
 
Bentuk Plakat Kontes dan Kesalahan pada Sirip:
  1. Sirip Ventral sedikit lebih pendek dari 2/3 panjang badan (Slight Fault)
  2. Dorsal dan Anal kebanyakan ray pada sirip Caudal (ray paling ujung) lebih pendek dari ray lainnya pada sirip Caudal (yang kemudian sebut berujung bulat) (Minor Fault)
  3. Sirip dorsal tanpa memiliki cabang (branching) (Minor Fault)
  4. Sirip Ventral ½ panjang badan atau kurang (Minor Fault)
  5. Pencabangan pada sirip Caudal < 30 (Minor Fault)
  6. Sirip anal tidak terlihat jelas menurunnya dari bagian paling depan (anterior) ke bagian paling belakang (posterior) (Major Fault)
  7. Ujung pada sirip anal tidak meruncing dan panjang (Major Fault)
  8. Bukaan Caudal lebih kecil dari 1800 (Major Fault)

1 komentar:

Ayo ungkapkan pendapat kamu...