Pages

Mengurus Surat Pindah Serta Buat KK Baru dan KTP Baru.

Oleh Yasir Fatahillah
Administrasi kependudukan (adminduk) itu penting. Siapa sini yang bilang adminduk itu ga penting? Sebagai warganegara kita mempunyai hak untuk tercatat sebagai warga negara. Mulai dari lahir sampai kita meninggal semua harus tercatat bro. Misalnya anak yang baru lahir harus segera dibuatkan akta lahir. Kalau ga dibuat pasti nyesel karena susah juga urusnya kalau anak udah gede.

Ya kali ini saya cerita sedikit pengalaman saya mengenai adminduk. Setelah menikahi kekasih hati saya yang aseli Cirebon dan udah beli rumah di Cirebon ya mau ga mau harus pindah kewarganegaraan. Saya harus pindah dari Jakarta ke Cirebon. Gimana tuh prosesnya?

1. Buat surat pindah
Penting banget nih klo kita mau pindah mesti ada surat pindah. Kita ga bisa serta merta pindah ke kota atau kabupaten lain dan minta didaftarin sama dinas kependudukan dan catatan sipil (disdukcapil) yang lebih enak disebut capil. Kenapa begitu? Semenjak berlakunya KTP elektronik atau orang biasa nyebut eKTP sekarang semua data SIAK (sistem administrasi kependudukan) terintgrasi. Semuanya disimpan dalam satu server kemendagri. Bukan hanya biodata tetapi foto dan sidik jari kita juga disimpan.

Oke back to topic ya. Alurnya pertama kali mesti minta surat pengantar dari RT, RW, dan Kecamatan. Nah kalau sudah kita bisa maju ke Capil buat minta surat pindah. Kalau surat pindah sudah jadi silahkan bawa ke RT, RW, Desa/kelurahan, Kecamatan tempat tujuan pindah kamu. Minta dilegalisir surat pindahnya yang belakang. Jadi mesti ada stempel dan tandatangan RT, RW, Lurah, dan Camat. Kalau sudah langsung kasihkan ke capil tujuan pindah kita. Nantinya akan diterbitkan kartu keluarga (KK) personal yang isinya hanya diri kita sendiri.

2. Menyatukan/pindah KK
Terus anak dan istri saya gimana? Nah itu lain lagi. Anak dan isteri saya belum masuk ke dalam KK saya. Yang saya lakukan adalah datang ke kelurahan/desa untuk minta KK sementara. KK sementara ini diisi dengan data terupdate keluarga saya. Nah anak dan isteri sudah saya masukin di sini. Kalau udah jadi kelurahan akan print KK definitif kita berdasarkan KK sementara. Tapi tetap saja kita harus ke capil untuk minta tandatangan kepala dinasnya.

3. Buat KTP baru
Nah dengan pindahnya saya ke tempat baru artinya segala dokumen saya harus buat baru. Sebenarnya ada pasport, KTP, dan SIM yang harus saya ganti. Karena SIM baru perpanjang Agustus lalu rasanya sayang kalau keluar duit lagi buat bikin SIM. Akhirnya KTP saja yang saya harus buat baru lagi. Nah ini gimana caranya ya? Setelah KK ditandatangani kepala Disdukcapil barulah kita minta surat rekom (pengantar) dari kecamatan supaya capil menerbitkan KTP baru saya. Kalau sudah dapat rekom langsung bawa ke capil bagian eKTP. Langsung foto dan voila selesai sudah. Prosesnya ga ribet Cuma makan waktu aja.

Dan Kabupaten Cirebon termasuk keren. Semuanya gratis ga ada biaya apapun kecuali recehan buat mamang tukang parkir.

Toko Powertools Lengkap Cirebon



Oleh Yasir F
Salah satu mainan laki-laki adalah perlengkapan powertools. Mulai dari gerinda, bor tangan, sampai rotary saw jadi mainan yang menyenangkan buat para lelaki. Nah kebetulan saya sebagai lelaki mau membeli powertools di Cirebon. Langsung aja saya melakukan pencarian di situs jual beli online favorit yakni bukalapak.com tentu saja.
Ketemu juga akhirnya penjual powertool atau penjual perkakas di Cirebon. Tokonya adalah TokoSamudra yang letaknya di Jalan Karanggetas. Saya langsung meluncur ke Karanggetas melalui Siliwangi bersama isteri tercinta. Dari depan tokonya kecil dan hanya jualan baut loh. Pas saya tanya mau beli bor disuruh naik ke atas sama mbak yang jaga di bawah.

Grabcar Sebagai Solusi Kemacetan


sumber gambar: merdeka.com

Oleh Wongbanyumas
Macet seolah sudah menjadi nama lain Jakarta. Ya ibukota kita tercinta ini sudah sangat terkenal menjadi kota yang padat dan crowded.  Bahkan tahun ini Jakarta memperoleh penghargaan oleh Castrol sebagai salah satu dari lima kota termacet di dunia. Kemacetan ini disebabkan oleh banyaknya kendaraan pribadi di jalan. Orang lebih nyaman mengguinakan kendaraan pribadi dari pada harus menggunakan angkutan umum.

Review Zenfone 2



Oleh Wongbanyumas
Kali ini saya akan memberikan review mengenai gadget paling ditunggu di tahun 2015 ini. Sebelumnya asus telah mengumumkan pada tahun 2014 di ajang CES akan mengeluarkan handset flagship pengganti Zenfone yakni Zenfone 2. Sebelumnya saya menggunakan Zenfone 6 inci dengan spesifikasi RAM 2GB dan memori internal 16GB. Kali ini pilihan saya jatuh pada Zenfone 2 dengan RAM 4GB dan memori internal 32GB. Di pasaran beredar spek yang lebih tinggi lagi yakni dengan ram 64GB, namun perbedaan hanya di RAM saja. Untuk kekuatan prosesor dan lainnya sama dan selisih harganya cukup tinggi.

Desain Rumah Tipe 36 x 2 Tanpa Insinyur

Saya berusaha membuat desain sederhana dan simpel untuk rumah saya. Goalnya adalah untuk membuat rumah yang memiliki ruang tengah luas tempat berinteraksi keluarga. Kamar yang dibuat ada empat kamar dan dua buah kamar mandi. Menggunakan aplikasi yang mudah digunakan yaitu Sketch Up.


Peranan Kearifan Lokal Di Era Globalisasi


Oleh Wongbanyumas
Bangsa Indonesia siap tidak siap telah menyongsong era perdagangan bebas. Salah satu bentuk kerjasama perjanjian bebas yang dilakukan indonesia adalah bersama ASEAN. Ya kita telah sepakat menjadi sebuah entitas bersama regional ASEAN dengan ditandatanganinya kesepakatan Masyarakat Ekonomi Asean. MEA adalah sebuah konsekwensi logis adanya proses globalisasi.