Pages

Pemeliharaan Sanca Kembang (Python Reticulatus)

Oleh Wongbanyumas

Bagi para pembaca sekalian yang memelihara reptil tentunya pasti mengenal retic. Jenis ular ini lebih dikenal sebagai retic atau sanca kembang. Retic termasuk ke dalam keluarga python. Seluruh keluarga besar python tidak memiliki bisa. Mereka membunuh mangsa dengan cara melilit tubuh mangsanya sampai kehabisan nafas. Retic tercatat sebagai ular terbesar di dunia. Panjang rata-rata retic dewasa adalah 5-7 meter. Dengan ukuran sebesar itu retic dapat membunuh orang dewasa sendirian dengan belitannya.

Retic seringkali dijumpai oleh masyarakat. Ciri ular ini adalah coraknya yang cukup cantik. Pada punggungnya terdapat rangkaian pola berwana hitam yang membentuk berbagai pola. Ada yang bulat seperti rangkaian rantai, ada pula yang kotak seperti kartu wajik, dan masih banyak bentuk lainnya yang memanjang dari leher sampai dengan ekornya. Bagian samping ular ini dihiasi corak berwarna kuning dan abu-abu keperakan. Nama sanca batik itu sendiri karena melihat sisi sampinya ini yang nampak seperti lukisan batik yang beraturan.

Habitat:
Retic sering dijumpai masuk ke dalam rumah atau pekarangan warga. Habitat ular ini termasuk sangat felksibel. Dia bisa hidup di dalam hutan hujan yang rimbun, semak belukar, padang rumput, dan bahkan gorong-gorong saluran air dekat pemukiman manusia. Ular ini juga kerap ditemukan dekat sumber air. Pada dasarnya retic menyukai tempat yang hangat namun memiliki tingkat kelembaban tinggi. Oleh karena itu ular ini seringkali masuk ke rumah manusia karena banyak tempat yang disenangi ular ini.

Karakter:
Ular ini sangat tidak dianjurkan untuk mereka yang baru memulai memelihara reptil. Mengapa? Ular ini termasuk tipe ular besar. Selain itu tingkat agresifitas dan nafsu makannya cukup tinggi. Kalau menemukan retic yang jinak tentunya sudah melalui proses domestifikasi dan interaksi yang intens dengan manusia. Retic merupakan ular yang mengandalkan kekuatan lilitan dan rahangnya yang sangat kuat. Untuk ular yang diperoleh hasil tangkapan biasanya akan menjadi sangat galak. Selain itu biasanya cenderung untuk mogok makan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Kandang:
Retic termasuk ular yang hidup di atas permukaan tanah (terrestrial). Kandang yang pas adalah berbentuk meluas dan melebar, bukan meninggi. Kandang yang baik adalah si ular dapat merentangkan tubuhnya minimal 2/3 tubuhnya. Harus ada ventilasi yang cukup karena retic mempunyai kencing yang cukup menyengat aromanya. Untuk alas kandang biasa gunakan alas koran. Ada juga yang menggunakan serpihan kayu atau serutan kayu. Kandang yang digunakan dapat dibuat sendiri atau membeli jadi. Namun demi kepraktisan kebanyakan hobiis menggunakan kontainer box yang dilubangi sisinya dengan solder untuk lubang nafas dan ventilasi.

Makanan:
Retic termasuk pemakan segala. Mulai dari tikus, kelinci, marmut, ayam, bahkan daging sapi pun bisa jadi menu makannya. Nafsu makan retic termasuk nomor satu jika dibanding dengan ular lain. Maka tak jarang retic dijuluki tong sampah yang berarti bisa masuk apa saja ke perutnya. Untuk ular yang masih baby bis alangsung diberi makan tikus mencit yang masih muda (jumper). Saran dari saya jangan terlalu banyak memberikan makan ketika masih kecil. Sebab dikhawatirkan akan muntah. Pemberian pakan dalam intensitas sering dan kuantitas yang banyak hanya akan membuat retic anda menjadi cepat besar. Perlu diingat anda memlihara hewan ini tidak hanya satu atau dua tahun. Anda harus bertanggung jawab mengurus ular ini sampai dia besar nanti. Pakan untuk ular yang besar di atas satu meter bisa diberikan rat atau marmut. Sedangkan untuk retic yang sudah masuk ukuran adult (3 meter keatas) berikan pakan berupa ayam atau kelinci.

Handling:
Urusan handling retic mejadi hal yang sangat penting diperhatikan. Retic termasuk hewan yang buas dan susah diprediksi. Selain itu kekuatan retic juga patut dipertimbangkan sebab tenaganya cukup besar dan menguras energi kita. Pastikan sebelum menghandle ular anda tangan harus dalam keadaan dicuci. Sebab dikhawatirkan jika tangan kita tidak bersih, khususnya setelah memberi makan, ular akan menghajar tangan anda karena mengira tangan anda adalah makanan. Kunci utamanya adalah anda harus percaya diri dan tenang. Biarkan ular percaya kepada anda dan tidak menganggap anda sebagai ancaman.

82 komentar:

  1. retic bisa di kasih makan katak ngak...??

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan ake katak lah om kasian reticnya kurang gizi. alternatif pk ayam pitik aja...

      Hapus
    2. Kisaran harga ular sanca kembang pnjng 2 meter berapa gan

      Hapus
  2. permisi boss.. ane cuman mw nanyak neh.. kebetulan tadi malem ane nangkep baby ular.. kayaknya sih ular sanca kembang.. tapi ane kagak tau jenis dan asalnya dri mana.. mohon bantuannya boss.. ni gambarnya

    http://m1353.photobucket.com/albumview/albums/ronnyghetz/Screenshot_2013-02-27-22-10-03_zps544e8a9e.png.html?o=0&newest=1

    terima kasih..

    BalasHapus
  3. Kalau Retic di Jemur kena matahari ampe berapa lama???

    BalasHapus
  4. Kalau Retic sariawan obatnya apa gan???

    BalasHapus
  5. Kalau retic sariawan obatnya apa gan ???

    BalasHapus
  6. @Derry: sariawan obatnya bs pk betadin kumur. tp sebenernya kt bs ngobatin dgn tau knp tu retic sariawan?

    jemur2 mah bentar aja sambil jalan2 di tangan kita biar terkontrol. 5-10 minit cukup lah.

    BalasHapus
  7. aku baru dapat ular sanca kembang terus aku pelihara tapi udah 3 minggu retic saya belum mau makan setiap di kasih makan, mangsanya hanya di bunuh saja tidak di makan?

    mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. begitulah klo keep retic hasil tangkapan alam. awalnya suka stress berkepanjangan. oh ya simpan di tempat gelap dan klo dikasi makan jangan diintip-intip ya. biarkan aja apa adanya. nanti klo udah mulai mau makan baru deh pelan2 perkenalan.

      Hapus
  8. MAS BROW NOHON BANTUANYA KITA DAPET Ular dri petshop pase makanya berapa hari sekali ya biar tetep sehat

    BalasHapus
  9. hy, saya baru nih pelihara retic. mau tanya kalo ratic di kasi ayam mentah yang sudah mati trus udah di potong2 boleh ga??
    atau di kasi makan lain gitu selain hewan hidup. niat nya pengen bikin uler ratic saya ga jadi pembunuh nih. heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh mba klo ulernya mau
      coba join deh di forum www.reptilx.com

      Hapus
  10. guys. mau tanya dong ratic bisa ga di kasi makan yang siap saji?
    saya baru aja pelihara retic nih, niat nya pengen di kasi makan daging ayam yang udah di potong2 gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya maksudnya biar bergizi gitu dikasi ayam potong, hehe..
      oia uler bisa di kasi vitamin juga gak sih??
      kalo bisa vitamin apa yang bagus buat uler ?

      Hapus
    2. oia apa yang menyebabkan uler peliharaan kita kena flu ?
      trus gimana cara ngatasin nya ?? kalo kasi obat gimana cara ngasih obat ke uler nya??

      Hapus
    3. vitamin klo mau boleh
      flu itu krn kelembaban tinggi + suhu dingin

      Hapus
  11. mas bro, uler ku kenapa yah mau di kasi makan di sodorin tikus depan matanya malah ngumpet ga mau makan. apa karna mau shedding yah? tapi mata nya belum terlalu burem banget sih..
    katanya kalo belum burem banget biasanya uler masi mau makan.
    tapi kenapa uler ku ga mau. duuh jadi khawatir..

    BalasHapus
  12. mending ulernya dijemur aja dulu , kalo masih gamau makan dikasih hidding place aja. ularnya taro didalam pot trs dimasukan tikus. diemin selama dua hari jika ulernya masih gamau makan, coba kasih tikus yg udah mati. tapi tetep hidding place. pelangaman gue sih gitu. terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheh tanks saran nya, uler ku sudah mau makan kok setelah dia pup banyak banget dia baru mau makan.

      oia mau tanya uler peliharaan kalian kalo di dalem kandang suka neken2 nin kepala nya ke kandang ga??
      itu kenapa yah soalnya uler ku begitu, kepalanya suka neken ke kandang kuat kuat ..

      Hapus
  13. Mas bro, klo urar ratic boleh di kasih makan burung pipit ga?

    BalasHapus
  14. Mas bro, ular ratic saya klo di kasih makan burung pipit gpp?
    Supaya badannya ga bau gimna?
    Minta info nya gan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. biar badan nya ga mau ya kandang nya rajin rajin di bersiin, uler nya juga di mandiin ..

      Hapus
    2. pemilihan bedding yg tepat juga bisa..
      koran cukup ampuh selain aspen yg muahaaal..

      Hapus
  15. bos klo hasil tangkapan,tpi msh ukran 2 jari,bisa jinak ga'....?

    BalasHapus
    Balasan
    1. insya Allah bisa asal telaten dan kita siap berdarah-darah :D

      Hapus
  16. msak to bos.....? ga ad cra laen ye...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya didiemin aja sambil sering handling rutin..

      Hapus
  17. Saya pemula yang ingin melihara retic,kemaren udah liat liat di pasar hewan,, ada saran gak mas gimana cara milih nya..?

    -thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. pilih yang sehat
      klo bisa pilih yang jinak

      Hapus
  18. retic kalo udah pup biasanya ngga mau makan sampe berapa hari ya om ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. retic mah monster eater..
      abis makan ada jg yg besoknya msh mau ngembat tikus, but not recommended..

      amannya setelah 2-3 hari

      Hapus
  19. kalo hbs pup biasanya brp hari lg ya ngasih makannya ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo mau langsung dikasi makan juga bisa

      Hapus
  20. Reptik..perlu mandi. Gak ya......?

    BalasHapus
  21. Reptik..perlu mandi. Gak ya......?

    BalasHapus
  22. kalo retic mau shedding ga mau makan gitu yah

    BalasHapus
  23. Klo reptik baru netas kapan yah biasanya bisa di kasih makan??

    BalasHapus
  24. Maaf min, ane newbie ni. kEmaren pagi nemu ular retic kayak nya. dI loteng rumah. tRus ane pelihara aja, nah ane liat badannya kutus bgt. jAdi ane kasih anak ayam yg masih bayi. tp setelah ane ketemuin ma tu ayam. si ular ini diem aja gak mau nyerang ato makan. kNp ya min..kasian udah kurus soalnya...klo ada forum nya anr mau ikutan pingin tau solusi nya

    BalasHapus
  25. Kemaren ane nangkep ular di loteng, kayak nya reptic. tRus udah ane taro di dalam box, ane liat dia kurus bgt kayak nya laper. YA udah ane kasi anak ayam. TP setelah di gabung ma tu ular. uLar nya gak ngerespon. dIem aje. gMna dong gan. mOhon pe cerahannya.. NEwbie bgt

    BalasHapus
  26. aku blum pernah piara ular, tp pengen nyoba piara sanca kembang, bahaya gak nya nnti nya?

    BalasHapus
  27. aku blum pernah piara ular, tp pengen nyoba piara sanca kembang, bahaya gak nya nnti nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ular ini untuk expert! krn sizenya bakal jd guede bgt

      Hapus
  28. Gan, aku ada punya ular, kayanya ratic, ini sudah merumur 4 bulan tapi tidak pernah makan sendiri. tiap seminggu sekali disuapin (dipaksa) makannya. pernah dicoba dikasih umpan selama 20 hari diacuhin aja.
    Ketemu ularnya waktu masih telur dan menetas sendir, jadi tdk pernah hidup dialam liar.
    Mohon petunjuk gan, gimana supaya ratic saya bisa makan/memangsa umpannya sendiri. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. didiemin aja sampe mau makan sendiri

      Hapus
  29. pemeliharaan ular piton sebenarnya mudah dan tidak perlu dikasih makan tiap hari, namun jika memelihara dengan ukuran yang besar, tetap harus waspada jika tidak dikandangkan, walaupun terkesan jinak, namun bisa saja memakan sesuatu yang tidak kita harapkan,

    BalasHapus
  30. ikutan coment ah,, Hay om Yasir,, hihihi...

    BalasHapus
  31. Bos ane dapet ulat sanca ni.ukuran 2 metrr .tp gak mau makan udah 1 bln.kp y.mau ikut porum dong

    BalasHapus
  32. kalo untuk alas memakai rumput sintetis ??? aman ?

    BalasHapus
  33. kalo alas memakain rumput sitetis gmna nih gan :)

    BalasHapus
  34. Ada retic punya temen gue yang udah terbiasa banget sama lingkungan manusia dari bayi,dan ga dibiasin jadi hewan pemangsa. Kalo retic nya kayak gini recommended lah ya buat gue yang pemula? Ukurannya pun masih kecil dan baru berumur 3 bulan.

    BalasHapus
  35. gan klo d kasih makan kodok Retic nya gmna ? :)

    BalasHapus
  36. Jangan dikasih kodok mas kasihan reticnya nanti kurang gizi, mending mencit atau burung pipit mas . Cuma saran sih 😁

    BalasHapus
  37. yudha willuha13 Mei 2015 00.38

    gan saya kan pnya ular retic panjang 2,5 meter,tapi ular saya gamao klo di kasih ayam kecil idup, dia maonya di kasih ayam yg udh di potong trus di suapin baru deh di makan. itu gpp kan ya..

    BalasHapus
  38. ada yang hndk jual ular liar yang baru nemu kah

    BalasHapus
  39. Numpang tanya kalo retic lagi sheding berapa lama ya?

    BalasHapus
  40. mas kalo kandang ular harus d kasih lampu siang malam ya, apa gk usah???

    BalasHapus
  41. mas kalo ular harus d kasih lampu siang malam ya, apa gk usah???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo ular impor kya ballphyton atau boa perlu tp klo untuk lokalan kaya molu ato retic ga usah

      Hapus
    2. ga perlu dilampuin asal suhu kandang tidak dingin...

      Hapus
  42. Ikutan akh..
    Bulan kmaren sya dapat retik tangkapan, Cuman sayang sya kandangin di tempat yg minim, di kasih maem anak tupai yg masih unyu-unyu gg di maem, di kasih daging sapi potongan jga gg mauu.
    Hari berganti,minggu berlalu, bulan berhenti! #dhet!
    Sedih klo di ceritain mah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kasih anak ayam biasanya retik hasil tangkapan doyan ayam

      Hapus
  43. Ikutan akh..
    Bulan kmaren sya dapat retik tangkapan, Cuman sayang sya kandangin di tempat yg minim, di kasih maem anak tupai yg masih unyu-unyu gg di maem, di kasih daging sapi potongan jga gg mauu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kasih anak ayam atau tikus putih. kalau hasil tangkapan biasanya sangat doyan sama ayam.

      Hapus
  44. Gan, saya punya retic masih ukuran 1 meter lebih tapi ga mau makan2 udah 3 bulan padahal ulernya juga udah pup dan udah di jemur serta di mandiin tapi masih ga mau makan tikus jamper nya dan uler nya tidak pernah mau ngigit tangan saya atau tangan orang lain kalo udah di dalem kandang suka diam dan langsung melingkar tanpa peduli sama tikus yg ada di dekatnya, apakah ada saran untuk saya?

    BalasHapus
  45. Bro mau nanya uler gua ukuran 2 meter nih ga mau makan terus udah seminggu di kasih makanan malah cuma diliatin terus ga di makan itu knapa ya kira kira.?

    BalasHapus
  46. Masukkan komentar Anda...untuk sanca kembang anakan klo di jual braoa gan.

    BalasHapus
  47. Aku mau tanya nih. Kmaren aku dapat retic nih tapi udah gede udah sekitar 2 meter gtu dah. Niatnya aku pengen pelihara kira" apa aja ya yang d butuhin ? Respon please

    BalasHapus
  48. Ular sabak yg masih kecil,belu smpai 1m,nemu dijlan
    Mau gak kasih mkan telur ayam kampung

    BalasHapus
  49. Anak sabak,nemu dijalan. Panjang krng dri 1m
    Mau gak mkan telur ayam kampung gan

    BalasHapus
  50. Anak sbak ukurng kurng dri 1m,mau gk mkan telur ayam kmpung.

    BalasHapus
  51. kalau warna dibawah tubuh retic nya warnanya kuning , yang jinak lama ya ?

    BalasHapus
  52. Hallo mba mas,, aku baru piara ular retic nih,,
    dapet dari banjiran, ditaro di kandang box gede,, sekitaran 1,5m biasanya umuran berapa yaa?
    kemarin sempet ilang,, 4 hari ketemu dia kuruuss banget..
    biasanya akan jinak berapa hari yaa?
    terus perlu banget ga untuk dikasih tempat air gitu untuk dy berenang?

    mohon reply-nya,,,
    thanks a looooooooooooooooooooot

    BalasHapus
  53. Ass.
    Ne adh ular retic anakan,,
    Panjang nya sekitar 1 meter lebih gtu lah..
    Tdi sore ane kasih anak ayam..udah di lilit,,trus ular nya kagak mau makan,,ayam nya mala di tinggal,,,tolong donk mas bro solusi nya,,,

    BalasHapus

Ayo ungkapkan pendapat kamu...