Pages

Tips Siaga Banjir

Oleh Wongbanyumas

Si BuaYa lagi mainan air banjir :p
Banjir, macet, dan padat. Tiga kata yang dapat menggambarkan soal jakarta. Tiga kata ini saling terkait dan berkelindaan satu sama lain. Dan tahun ini 2012 diprediksi akan terjadi banjir akbar. Ya konon katanya ini siklus lima tahunan. Buat saya banjir sudah jadi hal yang lumrah. Konsekwensi sebuah kota besar degan tata kota yang buruk dan rapuh. Apalagi ditambah dengan pemerintah kota yang tidak berpihak kepada lingkungan hidup.

Dari dulu memang jakarta selalu dilanda banjir. Bahkan sejak jaman penjajah kumpeni dulu. Kalau kita tahu jakarta ini sesungguhnya meruapakan sebuah legok atau cekungan. Kota jakarta dahulu adalah rawa-rawa. Letak jakarta sendiri berada di bawah permukaan air laut. Ya ibarat sebuah cekungan yang kalau diguyur hujan otomatis akan tergenang.

Di awal 2012 ini hujan sudah mulai megguyur. Lumayan dengan frekwensi yang cukup deras. Belum lagi dengan kiriman dari bogor-puncak-cianjur. Tamatlah riwayat jakarta. Tapi jangan nyerah dulu dong. Setidakya sebelum banjir benar-benar terjadi kita harus sigap. Ada beberapa hal yang bisa kita persiapkan antara lain:
  1. Paling tidak kita selamatkan dulu barang elektronik atau barang lain yang mudah rusak jika terkena air.
  2. Makanan juga jadi hal yang vital dipersiapkan menghadapi banjir.
  3. Kondisi kesehatan kita juga harus prima tentunya. Hujan terus menerus akan mengakibatkan udara menjadi dingin. Obat dan penghangat itu penting.
  4. Lalu pakaian juga harus disiapkan mengingat nantinya banjir tidak Cuma terjadi seminggu sehari-dua hari tapi bisa sampai sebulan.
  5. Oh ya jangan sampai lupa siapkan fresh money untuk sesuatau yang tidak bisa diduga.
Demikian beberapa poin yang bisa sampaikan perihal banjir dan persiapannya. Semoga membantu pembaca semua yah..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo ungkapkan pendapat kamu...