Pages

Seru dan Seronoknya Berlibur di Pulau Mabul



Oleh Wongbanyumas
Pulau sipadan sempat populer di periode awal milenium kedua. Pulau ini menjadi titik sengketa antara Indonesia dengan Malaysia. Kini Sipadan berada di bawah kekuasaan kerajaan Malaysia. Liburan akhir tahun ini kami (saya dan isteri) merencanakan berlibur ke Pulau Mabul. Mabul terletak di distrik Semporna. Untuk menuju pulau ini kami harus naik speedboat selama 40 menit. Pantai di Semporna tidak terlalu bagus. Banyak sekali sampai yang dapat kita jumpai di sekitar pantai. Mulai dari kayu, plastik, sampai botol bekas air mineral bertebaran di atas laut. Tentunya ini mengurangi kecantikan objek wisata ini.
Oh ya karena isteri sedang hamil kami memutuskan untuk tidak bepergian ala backpacker. Kami memilih untuk menikmati fasilitas dan kemudahan resort . Resort  yang kami gunakan adalah Sipadan Water Village (SWV) yang mempunyai office di Tawau. Berapa biaya yang harus kami keluarkan untuk berlibur di SWV? Karena kami bekerja di Malaysia maka kami mendapat charge orang lokal Malaysia yakni RM 1250 perorang untuk tiga hari dua malam di sana. Coba kalian hitung sendiri dengan kurs saat tulisan ini dibuat yakni Rp 3.750 per 1 Ringgit.
Uang yang kami bayarkan sudah all include
  1. Antar jemput Tawau-Semporna PP
  2. Boat Semporna-Mabul PP
  3. Bermalam di Resort  3 hari 2 malam
  4. Makan selama berada di resort
Kami memang berencana memperingati hari perinkahan kami yang pertama di Mabul. Hohohoho..
Semporna dan pulau di sekitarnya memang sedang tidak bagus keadaannya. Hal ini lantaran di Semporna pernah terjadi pemberontakan kaum Sulu Tausug. Sedikit flashback orang Sulu ini adalah penduduk yang merasa sebagai pemilik aseli Sabah. Mereka ingin menuntut kembali negeri Sabah agar kembali menjadi milik mereka. Selain itu ada juga penawanan turis asal China dan Taiwan. Masih banyak lagi kejadian yang membuat turis ngeri pergi ke Semporna.
Tulisan pengalaman ini akan saya bagikan dalam 3 part cerita
Day 1
Day 2
Day 3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo ungkapkan pendapat kamu...