Pages

Pemuda dan Perubahan Bangsa; Refleksi Peringatan Sumpah Pemuda



Oleh Wongbanyumas
Kami putera dan puteri Indonesia mengaku bertanah air satu, berbahasa satu, dan berbangsa satu yakni Indonesia. Itulah kutipan semangat sumpah pemuda yang telah diikrarkan para pendahulu kita. Ya kitalah para pemuda yang menjadi motor penggerak perubahan.
Para pemimpin kita saat ini dahulunya merupakan pemuda. Pahlawan proklamasi kita Bapak Sukarno pun memulai perjuangannya di usia muda. Di umur dua puluh satu tahun mendirikan Partai Nasionalis Indonesia.

Kini pemuda Indonesia semua terlena. Kita hanya bisa jadi pengekor, bukan pelopor. Pemuda bangsa ini dirusak. Mereka dijejali dengan akibat buruk globalisasi. Dengan semakin terbukanya internet bukanlah hal yang sulit untuk melihat kebudayaan bangsa lain. Sayangnya pemuda kita banyak mengambil hal yang buruk.
Hedonisme, konsumerisme, bahkan ateisme menghinggapi pemuda kita. Selain itu bahaya narkoba dan pornografi mengintai pemuda kita kapan saja.
Sudah waktunya para pemuda sadar, bahwa mereka adalah harapan bangsa di masa depan. Pemuda harus bangkit! Lihatlah kembali semangat para pahlawan kita di masa lalu. Mereka bukan hanya berkorban harta tetapi jiwa daan raganya untuk Indonesia.
Beberapa bulan ini bangsa kita larut dalam euforia Pemilu. Pemilu bukanlah akhir segalanya, pemilu hanyalah mekanisme demokrasi untuk menentukan pemimpin negara. Pemilu adalah awal baru yang menentukan arah bangsa ini selama lima tahun ke depan.
Pemuda saat ini harus bersatu. Lupakan semangat kedaerahan, kesukuan, maupun antar kelompok dan golongan. Ingatlah kembali nilai utama kepahlawanan dalam sumpah pemuda yakni semangat persatuan. Negara kita sedang mengalami krisis di berbagai bidang. Bukan waktunya lagi kita terpecah belah.
Mungkin para pahlawan kita akan sedih melihat para pemudanya asik sendiri. Tidak lagi mau bersatu padu memenangkan Indonesia.
Sejarah memberi bukti bahwa pemuda indonesia yang terdiri dari ragam suku dan bahasa dapat bersatu. Segala kerja keras dan perjuangan para pahlawan yang telah mewujudkan satu Indonesia sebagai bangsa, bahasa, dan tanah air kita semua harus dilanjutkan. Kita harus bersatu memenangkan negara ini di kancah persaingan global. Siapa lagi yang bertanggung jawab kalau bukan kita, para pemuda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo ungkapkan pendapat kamu...