Pages

Pakis / Kelakai Bolehkah Dimakan?



 Oleh Wongbanyumas
Sore itu seperti biasa saya utak atik jari di atas keyboard laptop. Sambil sesekali menscroll mouse membuka halaman demi halaman website yang saya buka. Jam menunjukkan pukul 18.00 waktu sabah. Maghrib belum juga datang, masih dua puluh menit lagi pikirku. Pintu diketuk dan terdengar suara dari luar. “Cikgu.. Cikgu.. Cikgu..” panggil suara itu. Sebenarnya saya malas beranjak dari kegiatan saya ini.

Rupanya anak murid saya mengantarkan bungkusan plastik. Saya sudah paham apa yang dia bawa itu. Saya menebak itu adalah pakis. Iya masyarakat di ladang sawit ini terbiasa mengkonsumsi pakis. Pakis yang dimakan ini adalah pakis yang biasa digunakan sebagai tanaman hiasan di perkotaan, khususnya jakarta.
Bagian dari tanaman pakis yang dikonsumsi adalah bagian pucuknya saja. Rasa pucuknya sangat lezat bila dimasak dengan benar. Lalu apakah daun pakis bisa dimakan? Sebenarnya bisa tetapi ada sensasi aroma mint yang buat sebagian orang tidak menyenangkan. Selain itu batang pakis juga keras untuk dimakan. Berbeda dengan pucuknya yang masih segar dan lembut untuk dikunyah.
Pucuk pakis dapat diperoleh dengan membeli. Namun kebanyakan memilih mencari pucuk pakis diantara kebun kelapa sawit. Tanaman pakis biasanya tumbuh subuh diantara pepohonan sawit. Pakis biasanya hidup berkelompok. Dalam suatu kumpulan terdapat banyak sekali pohon pakis. Pakis menyukai tempat tumbuh di dekat sumber air atau tempat yang lembab.
Pakis menyukai habitat lembab dan intensitas terkena matahari sedikit. Karena itulah sering tumbuh diantara tanaman sawit. Pucuk pakis seringkali keluar setelah hujan turun. Mencari pucuk pakis cukup mengandalkan pisau yang tajam untuk memisahkannya dari tumbuhan utama. Pucuk pakis pun tidak diambil semuanya melainkan bagian yang bergulung. Bagian yg sudah mekar daunnya biasanya keras dan terasa mint di mulut.
Memasak pakis tidaklah sulit. Ada beberapa cara memasaknya seperti ditumis atau dibuat kuah bening. Saya paling suka dibuat tumisan karena praktis dan sedap rasanya. Cukup siapkan bumbu tumisan berupa bawang putih, bawang merah, cabe, dan lada. Haluskan semuanya dan tumis pakis dengan api kecil sampai harum. Sayur pakis memiliki cita rasa unik seperti dingin atau menthol di mulut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo ungkapkan pendapat kamu...