Pages

Cara Menyemai Benih Cabe



Oleh Wongbanyumas
Cabe termasuk tanaman vital bagi masyarakat Indonesia. Cabe dapat membuat ibu kita panik dan bingung  ketika harganya melambung. Tanaman berbuah pedas ini juga sangat digandrungi di meja makan. Bahkan menjadi trend restoran membuat makanan yang pedas sebagai daya tarik pengunjung. Namun pernah terpikirkah untuk swasemada cabe? Ya kita menanam dan membudidayakan sendiri cabe yang kemudian untuk dinikmati hasilnya sendiri oleh kita.

Nah kali ini saya akan mencoba berbagi kepada pembaca sekalian bagaimana cara menanam cabai. Namun saya akan berusaha mebahas bagaimana menyemai cabe. Pertama kali yang perlu disiapkan adalah peralatan dan tentunya bibit jabe dong. Yuk kita simak apa saja yang diperlukan berikut ini.
  1. Media semai
  2. Air
  3. ZPT/Hormon akar
  4. Wadah semai
  5. Cahaya Matahari
Nah tentunya hal yang diperlukan di atas banyak dijumpai di sekitar kita bukan? Lanjut kita mulai langkah menyemai cabe berikut ini:
  1. Rendam benih cabai. Gunakan ZPT (zat pengatur tumbuh) untuk mempercepat keluarnya akar. ZPT banyak sekali tersedia di toko tanaman dengan berbagai merek. Atau jika tidak tersedia kita dapat menggunakan bahan yang sangat murah yakni air bawang merah yang digerus/ulek/gedig/tumbuk/potong/cacah. Bawang merah mengandung hormon tumbuh giberelin yang dapat merangsang agar akar cepat tumbuh. Jangan lupa gunakan air hangat (BUKAN PANAS) untuk mempercepat pelembutan cangkang benih agar cepat keluar akar. Perendaman ini dilakukan selama 24 jam sampai semua biji basah terandam dan tenggelam. Jika ada biji yang masih mengapung silakan buang saja karena kurang bagus;
  2. Siapkan media semai. Pembaca dapat menggunakan media semua alami seperti tanah, sekam, arang sekam, pasir, humus, dan cocopeat. Kita juga dapat menggunakan media tanam buatan seperti rockwool, perlite, dan vermiculite. Bahan yang digunakan sebagai substrate (media) harus menyerap air dan mampu menahan kelembaban. Semakin baik menyimpan air maka kemungkinan benih berkecambah sangat besar. Untuk hasil terbaik gunakan rockwool. Ingat jangan siram pupuk apapun ketika fase ini. Alamiah saja ya;
  3. Pindahakan benih ke media semai. Benih yaang sudah dilakukan perendaman dapat dipindahkan ke media semai. Ingat mediaa semai harus bersih dan bebas hama agar keberhasilan kecambah tinggi. Media semai harus lembab, oleh karena itu jika nampak kering tuangkan sedikit air ke media semai. Buat lubang di media semai sedalam satu ruas jari telunjuk saja. Jangan terlalu dalam karena menyulitkan biji untuk tumbuh juga. Masukkan benih dan kemudian tutup lubang dengan media. Tujuannya agar benih tetap lembab dan hangat jika disimpan di dalam lubang media semai;
  4. Tunggu dan tunggu. Untuk benih cabai lokal seperti cabe rawit atau cabe besar masa yang diperlukan untuk berkecambah tidak terlalu lama. Biasanya hanya memerlukan waktu 3-6 hari. Namun jika kita menanam cabe superhot dari keluarga chinense waktu yang dibutuhkan untuk berkecambah lebih lama. Berdasarkan pengalaman penulis variatif mulai dari satu minggu sampai dengan satu bulan. Jika sudah mulai berkecambah maka biarkan saja jangan dipindahkan dulu. Biarkan benih anda menerobos media dengan topinya. Topi akan terlepas sempurna setelah satu minggu biasanya. Cabe yang baru lahir hanya memiliki dua helai daun saja;
  5. Setelah tumbuh dua helai daun jangan biarkan tanaman terkena panas matahari langsung dalam jangka panjang. Baiknya berikan peneduh agar tanaman tidak mati. Setelah tumbuh empat helai daun anda sudah dapat menempatkan tanaman anda di bawah sinar matahari langsung.
Semoga info dan tips ini berguna ya. Ingat jangan sepenuhnya bergantung pada metode saya ini. Silahkan browsing dan coba metode orang lain.

9 komentar:

  1. Terima kasih infonya sangat berguna.

    BalasHapus
  2. Saya punya bibit dan pengen menanam dalam media polybag, tpi ga tau cara penyemaian nya, dengan informasi ini jadi semangat,.
    Matur nuwun...?

    BalasHapus
  3. terimakasih, semoga bermanfaat amin..

    BalasHapus
  4. Terima Kasih Infornya. Mudah2an Bermanfaat untuk saya krn masih pemula menggeluti usaha ini.

    BalasHapus
  5. kl sudah berdaun 2 helai..untuk menuju 4 helai butuh brp lama kak..

    BalasHapus
  6. Kalau direndam pakai air panas kenapa gan
    http://www.tutorial-office.com/

    BalasHapus

Ayo ungkapkan pendapat kamu...