Pages

Majalangu, desa sapu glagah


Oleh Wongbanyumas

Desa yang terletak di kecamatan watukumpul ini merupakan desa yang terkenal sebagai penghasil kerajinan sapu. Sapu yang berasal dari majalangu sangat khas. Lantaran terbuat dari bahan yang tidak biasa yakni dari tanaman glagah. Jika anda melakukan "googling" maka anda akan menemukan tulisan tentang sapu glagah.

Tanaman glagah yang dapat dimanfaatkan adalah tanaman di bagian bunga dan batangnya. Bunga glagah yang telah kering dapat dirangkai menjadi mahkota sapu. Pembuatan mahkota sapu dilakukan dengan jalan menjahitnya menggunakan benang nilon ataupun senar.
Sapu glagah asal majalangu pun telah merambah berbagai belahan dunia. Negara yang menjadi tujuan utama ekspor sapu galagah ini antara lain singapura, korea selatan, brunei, dan Malaysia. Sapu glagah terkenal akan kualitasnya dan awet. Juga sapu ini sangat ramah lingkungan lantaran bahan pembuatnya dapat didaur ulang.

Komoditas yang satu ini memang menjadi andalan bagi warga untuk mengais rupiah. Sebab sapu ini sangat mudah dijual ke pasaran. Untuk harganya tak perlu khawatir, cukup dengan uang Rp 2.000 anda dapat membawa pulang sapu glagah standar. Namun untuk sapu jenis manohara maupun SMS anda harus merogoh kantong lebih dalam hingga Rp 10.000 per sapu.
Menarik bukan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo ungkapkan pendapat kamu...