Pages

Panduan Memilih Ular Sebagai Pet Anda

Oleh wongbanyumas

Anda hendak memelihara hewan peliharaan? Jika anda memilih reptil khususnya ular sebagai pilihan anda maka anda perlu mempertimbangkan beberapa hal. Awal kali sebelum memulai memilih ular yang cocok hendaknya kita menghitung kembali berapa budget yang kita milik. Dana tersebut menjadi dua alokasi. Alokasi dana pertama adalah untuk membeli ular itu sendiri. Anda harus bisa mengukur kemampuan finansial anda. Ular high class macam ball python atau boa morph dapat menjadi pilihan. Anda pun dapat melirik retic morph jika kantong anda cukup tebal. Namun jika budget anda terbatas dapat memilih ular lokal yang murah meriah seperti keluarga python (molurus, retic, atau dipong), keluarga morelia juga bisa menjadi pilihan tepat.

Setelah menghitung budget anda untuk membeli ular impian selanjutnya yang perlu dipikirkan adalah berapa budget yg anda keluarkan untuk memelihara ular tersebut. Ular raksasa macam retic atau boa constrictor membutuhkan pakan yang banyak. Apalagi jika pakan ular kita seperti ayam ataupun kelinci. Tentunya anda harus berfikir ulang kembali sudah siapkah untuk mengeluardana memenuhi kebutuhan pakan pet kita?

Setelah budget ada dan ular sudah ditentukan selanjutnya kita harus memikirkan apa saja kebutuhan ular kita nantinya. Ular besar membutuhkan kandang yang besar pula. Sanca kembang atau retic bisa tumbuh menjadi ular yang sangat besar mencapai ukuran delapan meter. Jika memelihara dalam jangka waktu panjang maka harus mempunyai tempat yang cukup untuk memeliharanya. Kalau ular anda kecil macam carpet python, chondro, ataupun ular dwarf anda bisa mengalokasikan space yg lebih kecil. Apalagi jika ular pilihan anda macam jenis colubrid. Cornsnake hanya membutuhkan space yg kecil dan tidak sebesar retic.

Selanjutnya pertimbangkan pula seperti apakah karakter ular yang akan kita beli. Pemula sangat tidak disarankan untuk memelihara ular raksasa. Sebaiknya dimulai dengan memelihara ular yang mudah perawatannya semacam cornsnake atau kingsnake. Ular lokal seperti monopohon pun bisa menjadi pilihan tepat. Beberapa orang memulai hobi reptil dengan memelihara ball python. Ular jenis ini sangat populer karena karakternya yang cenderung kalem dan tenang, meskipun tidak semua jenis ini kalem.

Terakhir yang perlu kitasiapkan adalah banyak mencari info mengenai jenis ular. Kita bisa menemukan banyak caresheet bertebaran di dunia maya. Paling mudah adalah kita ikut bergabung dengan klub pecinta ular. Kita bisa menggali banyak sekali info dan tips soal memelihara ular. Jika ingin lebih dapat banyak info cobalah bergabung dengan salah satu komunitas reptil terbesar di Asia. Silahkan anda dapat mengunjungi http://www.reptilx.com/rxforum/.

2 komentar:

Ayo ungkapkan pendapat kamu...