Pages

Tips Menghindari Insomnia

Oleh Wongbanyumas
 
Para insomniers sekalian pasti sebal dengan kebiasaannya bergadang dan sulit tidur hingga larut malam bahkan sampai pagi. Menurut wikipedia Insomnia adalah gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan berulang untuk tidur atau mempertahankan tidur walaupun ada kesempatan untuk itu. Gejala tersebut biasanya diikuti gangguan fungsional saat bangun.

Insomnia sering disebabkan oleh adanya suatu penyakit atau akibat adanya permasalahan psikologis. Dalam hal ini, bantuan medis atau psikologis akan diperlukan. Salah satu terapi psikologis yang efektif menangani insomnia adalah terapi kognitif. Dalam terapi tersebut, seorang pasien diajari untuk memperbaiki kebiasaan tidur dan menghilangkan asumsi yang kontra-produktif mengenai tidur.

Nah kita ga akan membahas insomnia atau yg populer sebagai peyakit susah tidur ini secara ilmiah. Saya akan memberikan sedikit saran dan tips mengatasi insomnia secara perlahan. Karena pada dasarnya insomnia sering timbul akibat rasa cemas dan ketidakpastian. Berikut ini tipsnya:

1.      Niat
Segala upaya yang dilakukan untuk mengawali tiap aktivitas tidak akan maksimal tapa niat dan tekad yang kuat. Menghadapi insomia juga butuh tekad yang kuat agar berhasil. Ya sebelumnya kita harus menanamkan niat dalam hati kita bahwa kita bisa merubah kebiasaan ini. Tanamkan juga dalam kepala kita side effect dari kebiasaan sulit tidur ini. 

2.      Jauhi segala gadget/HP/laptop/dll
Nah kebanyakan para kalongers sulit tidur karena selalu diganggu oleh gadget ataupun perangkat elektronik lainnya. Ada yang sebelum tidur selalu berbalas sms dengan teman atau pacar. Nah kondisi demikian akan membuat otak kita sulit menemukan frekwesi sempurna untuk tidur. Otak kita dituntut terjaga karena menantikan sms balasan atau apapun itu. Cara paling mudah silahkan matikan gadget anda dan letakkan di tempat yang sulit dijangkau dari ranjang anda, letakkan di lemari misalnya.

3.      Tidur dalam keadaan perut kenyang
Orang bilang maka di malam hari bisa bikin gendut alias gemuk. Pendapat itu bener juga sih sebenarnya. Tapi tak ada salahnya kita mencoba memberikan kenyamanan bagi tubuh kita sendiri agar bisa tidur nyenyak. Tak melulu harus mengkonsumsi makanan berat berupa nasi. Buah segara seperti pisang atau pepaya cukup untuk membuat perut anda penuh. Alternatif lainnya adalah meminum segelas susu hangat. Susu memberikan efek kenyang dan menenangkan.
4.      Hindari rokok dan alkohol
Ini adalah salah satu penyebab utama susah tidur. Rokok dan alkohol bisa bikin jantung berdebar dan tubuh kita mengalami gangguan. Menghisap sebatang rokok mampu membuat otak bekerja ekstra dan bikin sulit tidur. So hindari rokok dan alkohol sebelum tidur.

5.      Berwudhu
Mungkin terdengar terlalu mengada-ada bukan? Tapi coba lah biasakan berwudhlu secara sempurna sebelum anda merebahkan diri di atas ranjang. Rasakan sensasi rileks dan tenang setelah anda berwudhu.

6.      Mainkan musiknya
Jangan sekali-kali memutar musik hip-hop atau musik dangdut pesisir sebelum tidur. Dijamin anda bakal susah tidur dan maunya goyang terus mengikuti irama lagunya. Ganti tembang yang anda mainkan dengan musik yg mellow dan santai. Kalau saya suka dengan musik yg jazzy sebagai teman pengantar tidur.

7.      Rubah gaya hidup
Semuanya harus berubah! Tanamkan itu dalam kepala anda. Hindari segala macam penyebab insomnia seperti rokok dan alkohol. Mulailah ambil spatu skets anda dan keluarlah pada pagi hari untuk jogging atau jalan santai. Gaya hidup sehat akan mempengaruhi pola tidur anda, trust me.

1 komentar:

Ayo ungkapkan pendapat kamu...