Pages

Beternak Ular? Why Not!



Oleh Wongbanyumas

Saya memiliki impian mempunyai sebuah peternakan reptil (farm). Farm saya ini akan mengembangbiakkan jenis ular besar yakni retic dan boa. Saya berharap ke depan bisa memiliki sebuah fasilitas breeding centre yang luas, setidaknya satu hektar. Di atas tanah tersebut saya akan membangun beberapa bangunan yang meliputi kantor, ruang pamer(toko), breeding center, gudang, dan peternakan tikus. Semuanya berada di dalam satu komplek besar.

Kantor sangat diperlukan dalam rangka menjalankan fungsi organisasi usaha farm ini. Kegiatan promosi dilakukan di sini. Sarana internet cepat menjadi kebutuhan dalam rangka memasarkan produk kami kepada konsumen. Di kantor ini saya akan menjawab berbagai panggilan telp atau membuat jadwal kerja bagi pegawai saya.

Ruang pamer tentu saja menjadi tempat memajang hewan yang saya jual. Apa yang bisa dilihat di sana artinya untuk dijual. Pembeli bisa membeli ular kesukaannya ataupun hanya sekedar melihat-lihat hasil ternakan saya. Tentunya ruang pamer akan saya lengkapi dengan fasilitas keamanan cctv untuk menjegah pencurian. Saya juga akan memberikan tempat untuk duduk yg nyaman bagi pengunjung ruang pamer.

Breeding center menjadi tempat utama alias core bisnis kami. Semua ular kami tempatkan di kandang yang telah disediakan. Terdapat beberapa bilik seperti bilik bayi, bilik dewasa, bilik pemuda, dan bilik inkubator. Setiap bilik dihuni oleh ular yg sesuai kriteria.

Gudang adalah tempat menyimpan barang. Di sana juga bisa digunakan untuk menempatkan kandang yang tidak terpakai. Selain itu bisa juga dimanfaatkan untuk menyimpan ice box guna mengawetkan tikus beku.

Saya berusaha memenuhi sendiri kebutuhan pakan ular yang saya pelihara. Salah satu caranya selain membeli adalah dengan membudidayakan sendiri tikus putih jenis rattus novergicus.

Sekian impian saya dan passion saya. Semoga Allah Swt menjawab impian saya dan memberikan saya sebuah farm besar.  آَمِيّـٍـِـنْ يَآرَبْ آلٌعَآلَمِِيِن

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo ungkapkan pendapat kamu...