Pages

Nasib Negeriku


Oleh Wongbanyumas
Negeriku, Indonesia. Diberkahi dengan kekayaan alam berlimpah namun sebagian besar rakyat negeri ini hidup dalam alam kemiskinan dan ketertinggalan. Lima puluh sembilan tahun negeri ini merdeka namun belum bisa mensejahterakan rakyatnya. Kemiskinan bukan hal yang sulit ditemukan diberbagai kota. Angka pengangguran kerja yang tinggi menjadi suatu pemandangan biasa. Minimnya pelayanan kesehatan dan pendidikan gratis juga memperparah keadaan anak bangsa.
Apa yang kurang dengan bangsa ini. Tuhan telah menganugerahkan kepada kita banyak hal. Kalau kata Emha Ainun Najib tuhan telah menurunkan sepotong tanah surga, bernama Indonesia. Apa yang tidak dipunyai bangsa ini? Bangsa kita mempunyai berbagai sumber daya alam. Minyak bumi, gas, emas, timah, tembaga, perak adalah barang tambang mahal yang dimiliki negara ini. Belum lagi sumberdaya pertanian dan kelautannya yang luar biasa. Bangsa ini juga diberkahi dengan banyaknya penduduk yang siap menjadi pejuang kemakmuran demi negara. Pun jumlah orang pandai cendikia tidak sedikit di negeri ini.
Bangsa yang pandai adalah bangsa yang mampu bekerja keras dan memanfaatkan sumberdaya yang dipunya dengan baik. Tidak dengan indonesia, yang masih saja berkutat dengan kemiskinan padahal memiliki harta dan kekayaan yang berlimpah. Rangking indonesia tidak berubah sebagai negara miskin. Tingkat korupsinya pun masuk dalam lima besar tertinggi dunia.
Mari kita lihat bersama kemanakah larinya kekayaan alam kita yang begitu banyak. Di ujung papua sana berton-ton emas dan tembaga dibawa lari oleh Freeport. Mereka mengeduk habis sebuah gunung sampai hanya menghasilkan sebuah lubang besar menganga di tengahnya. Lalu bagaimanakah sikap pembesar bangsa ini? Semuanya diam tak melawan. Mungkin mereka sudah dibungkam dengan uang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo ungkapkan pendapat kamu...