Pages

Hobi Baru Menanam Cabai


Oleh Wongbanyumas
Siapa sih yang ga kenal tanaman cabai. Tanaman ini merupakan komoditi paling hot di pasaran sayur mayur. Kenapa cabai bisa sebegitu hot? Tak lain tak bukan adalah karena cabai adalah komoditas yang bisa bikin ibu rumah panik. Pada dasarnya orang indonesia suka makanan pedas. Artinya hampir setiap hari para wanita di dapur selalu menggunakan cabai. Begitu pula dengan saya yang suka pedas.

Awalnya saya iseng untuk menanam cabai di halaman rumah. Itu pun hanya saya tanam dari cabai yang saya makan. Biji dari cabai tersebut langsung saya tanam di pot. Walhasil karena sembarangan tanam maka banyaklah yang tumbuh saling dempetan. Padahal idealnya satu pot hanya boleh dihuni oleh satu tanaman saja. Pada akhirnya seleksi alam memilih satu batang tanaman yang paling kuat.
Cerita ini pun tidak berlanjut indah. Yang terjadi adalah pohon cabe saya tumbuh dengan sangat subur namun mendadak hampir mati. Daunnya keriting dan menguning serta rontok satu persatu. Batang pohonnya pun banyak yg kering dan akhirnya patah. Pohon cabe saya itu hampir mati namun masih tetap berjuang hidup.
Apa yang salah? Rupanya karena saya meletakkan tanaman cabai saya di tempat yang tidak terjangkau matahari. Pantaslah tanaman saya sakit seperti itu. Akhirnya saya browsing pula mengenai daun keriting. Oh ternyata itu akibat serangan hama aphid dan tungau. Akhirnya saya guyur secara rutin tanaman saya dengan air bawang putih dan merica. Setelah sebulan cabai saya sembuh dan mulai berbunga. Sejak saat itu saya mulai serius untuk menanam cabai. Keputusan saya sudah bulat untuk menanam lagi beberapa jenis cabai.
Kecintaan saya terhadap tanaman keluarga capsicum ini karena saya memang menyukai makanan pedas. Awalnya saya mencari cabai terpedas di dunia yang pernah saya tahu, bhut jolokia. Rupanya bhut sudah bukan lagi sebagai cabai terpedas. Kepedasannya sudah dikalahkan oleh beberapa jenis cabe antara lain trinidad scorpion butch taylor, trinidad scorpion morouga blend, dan carolina reaper. Saya memilih untuk bertanam cabe super pedas karena unik dan juga sangat menantang.
Cabe pedas ini memang istimewa. Perlakuannya berbeda dengan cabai yang biasa kita boleh beli di pasar. Tingkat kesulitannya cukup tinggi. Untuk tumbuh menjadi kecambah biasanya membutuhkan waktu cukup lama antara tiga sampai lima minggu. Ini menjadi tantangan tersendiri buat saya dalam menanam cabe ini. Tentunya ini menjadi hobi yang sangat mengasyikkan di tengah kesibukan saya mengajar. Mungkin ada pembaca sekalian yang tertarik menanam?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo ungkapkan pendapat kamu...