Pages

Cara Mencuci Motor Dengan Benar

Oleh Wongbanyumas
Kalau anda mempunyai motor tentunya anda juga pernah mencucinya bukan. Walaupun kita lebih sering memanfaatkan jasa pencucian motor kadang kita harus melakukannya sendiri. Terutama ketika musim hujan di mana hampir setiap hari kuda besi kita menjadi kotor dan peuh kotoran. Lalu bagaimanakah agar kendaraan kita kembali kinclong? Ya kita harus mecucinya sendiri tentu saja.

Ada beberapa hal yang harus disiapkan ketika kita hendak mencuci motor. Siapkan peralatan berupa spoons khusus cuci kendaraan, baskom, sikat gigi bekas, sikat besar, selang air, sabun khusus cuci motor, dan lap kanebo. Mencuci motor sebaiknya menggunakan air mengalir dari keran. Hal ini bertujuan agar motor anda teraliri air dengan baik. Jika kita menggunakan ember sebagai sumber air dikhawatirkan air tersebut kotor karena tumpahan sabun atau minyak.
Pertama kali kita harus menyemprot motor dengan air yang bertekanan cukup tinggi dengan mengguanakan selang. Dengan melakukan penyemprotan diharapkan kotoran yang menempel akan mudah dibersihkan. Ingat disemprot tidak sama dengan diguyur dengan air dari selang.  Air harus menyembur kencang ke badan motor. Lakukan penyemprotan ke seluruh badan motor. Jangan lewatkan are kolong spatbor karena di sinilah kotoran jalanan menempel. Semprot juga bagian kaki yang meliputi sokbreker, roda, dan bagian bawah mesin.
Setelah bersih dari debu lalu campurkan sabun dengan air dan masukkan ke dalam wadah baskom atau wadah lainnya. Kita akan mebasuh motor dengan air berbusa sabun. Ingat sebelum kita melakukan tahap ini motor harus benar-benar bersih dari debu atau kotoran. Sebab jika ada kotoran yang tertinggal dikhawatirkan akan masuk ke dalam pori spons. Nantinya saat kita menggosok bodi motor justru kotoran tersebut akan melukai bodi motor dan menjadi lecet.  Gosok secara lembut dan perlahan setiap bagian body motor anda. Jangan melakukan pembersihan kaki-kaki motor dengan spons.
Untuk bagian kaki-kaki gunakan sikat dan sikat gigi. Kotoran di kaki-kaki motor tergolong kotoran yang cukup bandel dan agak sulit dibersihkan jika hanya mengandalkan spoons. Gunakan sikat gigi untuk membersihkan pegas shock absorber bagian belakang. Bersihkan kotoran di sela-selanya. Untuk bagian rantai juga perlu dibersihkan dari kotoran dengan menggunakan sikat gigi. Gosok ban sambil diputar sampai benar-benar licin tanpa kotoran. Untuk shock depan cukup gunakan spoons. Jangan lupa tutup mesin dan kolog mesin juga harus digosok dan bersih dari noda.
Setelah area kaki-kaki di gosok anda tinggal membasuhnya dengan air. Seperti tahap pertama semprotkan air dengan tekanan cukup tinggi untuk membantu mengelontokkan kotoran dan noda yang telah diangkat oleh sabun. Bilah sampai benar-benar bersih. Jika sudah dibias dengan bersih selanjutnya kita keringkan seluruh body motor dengan lap kanebo, ingat ya hanya bagian bodynya saja yang terbuat dari plastik. Setelah kering untuk kaki-kaki cukup gunakan lap kain kering.
Apabila anda ingin tampil lebih oke bisa lakukan penyemiran ban dengan cairan silikon. Jok anda juga harus diberi cairan silikon. Jika perlu area dashboard juag diberi cairan silikon. Cairan silikon bertujuan untuk memberi serta mempertahankan kelembaban di area jok, ban, dan dashboard. Tentunya cairan silikon juga akan membuat motor kita makin kinclong dan berkilau. Nah anda bisa kan melakukannya sendiri di rumah? Silahkan mencoba.

3 komentar:

  1. Wah bisa di aplikasikan ini untuk rental motor saya, hehe, supaya makin kinclong dan pelanggan puas.
    oh iya, main2 ke blog saya jg ya.. Rental Motor Malang. trims.

    http://rentalmotormlg.wordpress.com/

    BalasHapus
  2. wah tips yang bagus kapan2 gua cbah deh ..

    BalasHapus
  3. wah kebetulan saya mau buka usaha cuci motor, thanks atas tipsnya

    NB :yg suka film perang bisa lihat koleksi saya :

    http://koleksipilmperang.blogspot.com

    BalasHapus

Ayo ungkapkan pendapat kamu...