Pages

TAHUKAH KAMU, TERNYATA COCA COLA ITU BERBAHAYA??

Oleh Wongbanyumas

Judul di atas bukan mengada-ada. Penulis tidak dalam posisi untuk menjelek-jelekkan brand tersebut. Tapi berusaha untuk memberikan informasi kepada para pembaca mengenai bahaya dari minuman ringan itu. Kita tahu coca cola merupakan minuman berkarbonasi. Kandungan coca cola sangat berbahaya bagi tubuh manusia. Minuman karbonasi memiliki kandungan yang dapat merusak ini ternyata di populerkan sebagai minuman modern. Setiap harinya dapat kita lihat iklan yang menggambarkan minuman ini dikonsumsi oleh seluruh orang di dunia. Minuman ini dianggap sebagai simbol modernisasi dan globalisasi saat ini.

Tak pelak banyak orang yang terkecoh dan tidak memahami bahaya yang mengintai dari minuman berkarbonasi ini. Berdasarkan cerita guru saya sewaktu belajar fisika dulu yang menyatakan minuman ini dapat “menghilangkan” paku logam. Pada awalnya sangat tidak percaya pada cerita tersebut. Guru saya bercerita bahwa jika kita menenggelamkan paku logam yang berkarat selama satu malam dalam larutan coca cola maka pagi harinya paku berkarat tersebut akan terlarut dalam minuman “ajaib” tersebut. Buat saya hal itu terdengar tidak logis dan terlalu menyudutkan brand tersebut. Guru saya juga mengatakan coca cola sangat baik untuk membersihkan porselen dan keramik. Bahkan di Amerika sana coca cola dipakai untuk membersihkan kamar mandi.

Dulu saya sangat suka meminum soft drink seperti coca cola sehingga secara mentah-mentah saya menolak pemaparan guru saya. Buat saya cerita pak guru Cuma omong kosong belaka. Namun guru saya menantang saya dan kawan-kawan untuk melakukan pembuktian, dan kami menyanggupinya. Kemudian guru saya menyediakan sebotol coca cola dan sebuah paku logam yang sudah mulai berkarat. Kemudian paku tersebut dicemplungkan ke dalam minuman sakti itu. Pak gurupun meletakkan minuman tersebut di Lab yang terkunci rapat dan kami bisa memantaunya kapan saja. Karena memang kebetulan sekolah saya adalah sekolah asrama (boarding school).

Aneh bin ajaib ternyata pagi harinya paku tersebut sudah tidak utuh lagi tetapi tidak menghilang seutuhnya. Meskipun demikian hal tersebut membuat saya yakin bahwa minuman tersebut bahaya untuk dikonsumsi. Bayangkan apa yang terjadi pada lambung manusia yang mengkonsumsinya. Waw... ngeri membayangkannya. Dan ternyata benar bahwa coca cola sangat ampuh untuk membersihkan porselen dan keramik. Dengan sedikit minuman ajaib itu gosokkan bagian porselen yang bernoda. Diamkan selama beberapa menit dan gosok. Hasilnya noda pada keramikpun hilang.

Di Amerika sendiri kabarnya larutan cola ajaib ini digunakan untuk membersihkan kamar mandi alias toilet alias WC. Saya bertambah yakin bahwa minuman ini berbahaya dan tidak layak untuk dikonsumsi oleh manusia. Satu informasi lagi saya peroleh dari blog mengintip dunianya firdaus putra. Bahwa jika kita mengkombinasikan coca cola dengan permen mentos akan menimbulkan letupan yang cukup besar. Firdaus sendiri telah melakukan uji coba terhadap informasi tersebut. Jika permen mentos ditenggelamkan ke dalam minuman coca cola akan mengakibatkan muncratan/ledakan yang cukup tinggi. Ternyata firdaus membuktikan sendiri dan saya percaya bahwa hal tersebut benar adanya. Coca cola dan mentos meletup telah mengakibatkan korban di Brazil. Seorang anak meninggal dunia karena mengkonsumsi coca cola dan permen mentos secara bersamaan. Bayangkan letupan yang terjadi pada perut bocah malang itu.

Ternyata ikon globalisasi tersebut membawa bencana bagi manusia. Sudah sepatutnya kita berfikir bahwa era modern tidak harus dibarengi dengan konsumsi terhadap barang yang disimbolkan sebagai ikon modernisasi. Harusnya kita pandai memilih apa yang terbaik buat kita.