Pages

manfaat blog bagi mahasiswa

oleh wongbanyumas

sekarang ini semakin marak orang yang membuat blog. mereka beramai-ramai menciptakan pencitraan diri mereka di dunia maya. tidak hanya mahasiswa kini bahkan para dosenpun mulai merambah dunia maya. awalnya blog tidak mendapatkan tempat di hati masyarakat. namun dengan semakin banyaknya pengguna internet serta kesadaran masyarakat yang semakin tinggi terhadap kebutuhan informasi maka blog pun berkembang pesat.

akan tetapi hal yang menyedihkan adalah para blogger hanya membuat blog tanpa pernah mau merawatnya. padahal hal yang paling penting adalah kontinuitas dalam penulisan. betapapun cantiknya template dan tampilan sutu blog tanpa pernah memposting tulisa maka blog tersebut tak jauh bagaikan sampah. blog biibaratkan sebgaisebuh rumah.kita sebagai pemiliknya seharusnya menata dan merapihkan rumah kita.

layaknya rumah, blog kita juga harus menarik bagi orang lain. bagaimana caranya agar orang sudi untuk mampir ke blog kita. kebanyakan bloger pemula tidak mempedulikan hal tersebur. mereka merasa bahwa sudah cukup eksis ketika pernah memiliki blog saj. padahal kalau dilihat blog mereka tidak pernah di update.

dalam dunia kampus blog mulai mendapatkan tempat tempat dikalangan intelektual. blog merupakan cerminan dari pemiliknya. isi blog tersebut menggambarkan isi kepala sang blogger. melalui blog kita dapat bertukar pikiran dan berdiskusi dengan orang lain. jarak tidak membatasi forum ilmiah di dunia maya, dengan keberadaan blog mampu menjembatani segala hal yang selama ini menjadi kendala utama.

matinya iklim ilmiah di kampus belakangan ini mulai dirasakan di berbagai kampus. kini mahasiswa malas untuk berdiskusi, dialog, ataupun melakukan bedah kasus. mereka lebih senang untuk nongkrong di cafe ataupun diskotik. fenomena ini memang sangat menyedihkan bagi kita. tapi kini juga muncul fenomena baru yaitu semangat untuk bermain di dunia maya. banyaknya warnet dan free hotspotarea menjadi menjadi perangsang bagi sebagian besar mahasiswa untuk memanfaatkan secara optimal sarana ini.

namun fenomena baru ini harus diarahkan. jangan sampai mereka ke warnet hanya untuk FS-an, searching bokep, ataupun chatting yang ga penting. cobalah untuk beralih menjadi seorang blogger pro.

3 komentar:

  1. saya setuju mas,saya juga menemukan banyak blog yang terurus.ya kalau ga bisa sering diurus minimal sekali seminggu kan bisa.dari pada jadi blog terabaikan,lagian blog kan juga potensi yang luar biasa.sukses selalu

    BalasHapus
  2. makasih banget buat infonyaa... jadi ada semangat buat menulis nichh... klo saya boleh tau.,,. menurut km, manfaat memiliki dan menggunakan blog itu apa aja, dilihat dari segi positif dan negatifnya.

    BalasHapus
  3. @Alleicya (Tu'nas-22x): menurut saya manfaat ngeblog adalah positif semua. menuntut kita untuk selalu membaca dan mengasah kemampuan menulis. orang yg bisa menulis blog yg berkualitas pastilah seorang yg rajin membaca, apapun itu.
    silahkan mampir ke tulisan saya yang ini http://fatahilla.blogspot.com/2010/04/tips-mulai-menulis.html

    BalasHapus

Ayo ungkapkan pendapat kamu...